Hewan Kurban di Bengkulu Selatan 836 Ekor

Hewan Kurban di Bengkulu Selatan 836 Ekor

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN – Berdasarkan data di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bengkulu Selatan tercatat 836 ekor hewan kurban yang akan disembelih pada hari raya Idul Adha 1443 Hijriah yang jatuh pada Minggu (10/7) mendatang.

Rinciannya, 27 ekor kerbau, 420 ekor sapi dan 389 ekor kambing.

Kepala Kantor (Kakan) Kemenag Bengkulu Selatan (BS), Dr. H Junni Muslimin, MA mengatakan, data itu didapat dari laporan Kantor Urusan Agama (KUA) setiap kecamatan. Hewan kurban itu tersebar di seluruh Masjid di BS.

"Sejauh ini jumlahnya 836 ekor. Kami masih menunggu data konkrit siapa tahu mendekati hari raya warga yang mau berkurban bertambah lagi," katanya.

BACA JUGA:Pemkab Kaur Bantu Korban Kebakaran

Dijelaskan Junni, saat ini pihaknya sudah memberikan pengarahan kepada seluruh Kepala KUA dan seluruh penyuluh non PNS untuk memberikan edukasi dan imbauan kepada masyarakat.

Agar, masyarakat yang ingin berkurban tidak membeli hewan yang sakit, terlebih saat ini merebaknya penyakit mulut dan kuku (PMK).

Namun, kalau seandainya nanti ada terdapat ciri-ciri hewan yang akan dikurbankan terkena penyakit bisa langsung melaporkan ke pihak Pemdes, kecamatan atau langsung ke petugas dokter hewan terdekat.

"Untuk jajaran Kemenag BS sendiri, jika ada yang akan melakukan kurban kami minta kepada pemilik hewan untuk mendapatkan surat keterangan bahwa hewan tersebut dinyatakan sehat. Karena, tahun ini kami dari Kemenag melaksanakan pemotongan hewan kurban sebanyak 19 ekor," pungkasnya.

Terpisah, Kepala Bagian (Kabag) Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Setkab BS, Dwi Prian Dona, ME menyebutkan, pada hari raya kurban tahun ini, rencananya Pemkab BS juga akan ikut memotong hewan kurban. Namun jumlahnya pastinya belum tahu. Sebab, sampai saat ini pihaknya masih mencari hewan yang pas untuk dikurbankan.

"Insya Allah kurban ada dari Pemkab BS. Untuk jumlahnya belum pasti karena saat ini calon hewan kurban masih dicari," demikian Dwi. (one)

Sumber: kemenag bs