Penerima KIS di Bengkulu Selatan Bertambah 6 Ribu Jiwa

Penerima KIS di Bengkulu Selatan Bertambah 6 Ribu Jiwa

Ilustrasi KIS atau kartu indonesia sehat untuk warga Bengkulu Selatan-istimewa-raselnews.com

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN – Data penerima Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) terjadi peningkatan. Di mana, data penerima BPJS kesehatan yang dibiayai APBN bertambah menjadi 6 ribu jiwa. Pada Juli 2022 lalu, tercatat 88.723 jiwa, saat ini jumlah penerima KIS di BS menjadi 94.743 jiwa. 

Namun, penambahan data ini disinyalir tidak valid. Dinsos BS masih melakukan verifikasi data dengan turun langsung ke lapangan. Kabid penanganan fakir miskin Dinsos BS, Syariar S.Sos mengatakan, di usulan awal, penambahan sebanyak 6.789 jiwa, namun yang diakomdir 6.011 jiwa. 

Artinya, ada sisa 758 dinyatakan tidak valid berdasarkan kriteria data terpadu kesejahteraan sosial. Sebanyak 6 ribu jiwa yang tercatat sebagai penerima BPJS kesehatan ini belum menerima kartu identitas peserta namun sudah tercatat diaplikasi. 

“Meskipun belum ada kartu masyarakat yang sudah terdaftar sebagai peserta penerima BPJS sudah bisa menggunakan untuk keperluan berobat,” terang Syariar. Dijelaskan Syariar, meskipun ada penambahan, namun kuota penerima bantuan iuran BPJS kesehatan di BS belum terpenuhi. 

Diketahui total kuota BS sejumlah 100.181 jiwa, baru terpenuhi 94.734 jiwa. Artinya masih ada tersisa 5.447 jiwa lainnya belum mendapatkan KIS. “Alasannya karena masih banyak data di sistem Data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) yang belum validm,” terang Syariar.(one)

 

Sumber: