Penerima BPNT di Kaur Kembali Berkurang

Penerima BPNT di Kaur Kembali Berkurang

Ilustrasi Bantuan Nasional Pangan non Tunai-Ist-raselnews.com

KAUR, RASELNEWS.COM - Penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kabupaten Kaur tahun 2022 berkurang. Tahun lalu ada 9000 penerima.

Sementara tahun 2022 tinggal 6.576 penerima. Sementara penyalurannya diperkirakan akan dapat dilakukan pada awal September.

"Kuotanya sudah masuk untuk jatah 2 bulan, ke rekening penerima, namun kami masih menunggu petunjuk lebih lanjut terkait teknis penyalurannya," kata Kepala Dinas Sosial Kaur Ramdhanizar, SE melalui Kabid Penangan Fakir Miskin Edi Hermanto kepada Rasel kemarin.

BACA JUGA:Wagub Bengkulu Minta Validasi Data Warga Miskin

Dijelaskannya meski saat ini dana bansos BPNT sudah masuk rekening namun belum dibelanjakan oleh penerima BPNT sebab masih menunggu petunjuk teknis mengenai penyalurannya mislanya berupa barang apa saja yang harus dibelanjakan dan diserahkan kepada penerima dengan nominal Rp 200 ribu perbulan perpenerima.

"Ini belum ditentukan mislanya beras berapa kilo atau sembako lainnya apa saja rinciannya pihak penyalur yakni BRIlink sudah diminta untuk mendata terkait dengan penerima yang mendapat kucuran BPNT," imbuhnya.

BACA JUGA:Kaur Usulkan 86 Rumah Untuk Warga Miskin

Dia menegaskan penerima bansos BPNT itu sudah di sleksi oleh Tenaga Kerja Sukarela Kecamatan (TKSK) dan juga sesuai dengan data kemensos. Sehingga layak menerima bantuan. Dalam hal ini penyalurannya tetap seperti sebelumnya yakni diserahkan dengan pihak ketiga yakni BRI.

Kemudian BRI bersama OPD menunjuk agen penyalur yakni BRIlink sebagai elektronik warung (e-Warung). "Sistem ini sudah berlangsung sejak beberpa tahun terkahir dan terbukti efektif menyalurkan bantuan pangan kepada penerima," tutupnya.

Sumber: kabid penangan fakir miskin dinas sosial kaur