Bengkulu Selatan Dapat 240 Formasi PPPK Guru, Catat Tanggal Seleksinya

Bengkulu Selatan Dapat 240 Formasi PPPK Guru, Catat Tanggal Seleksinya

BAHAS : Kepala Dinas Dikbud Bengkulu Selatan bersama Kasubbag Kepegawaian dan Keuangan Dikbud bahas mengenai persiapan seleksi PPPK 2022, Senin (26/9/2022) -rezan okto wesa-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM – Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) secara resmi telah mendapatkan formasi penerimaan calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru tahun penerimaan 2022.

Total formasi yang didapat sebanyak 240 atau sejumlah sisa formasi yang belum terisi pascaseleksi I dan II tahun 2021 lalu.

Kepala Dinas Dikbud BS, Novianto, S.Sos, M.Si menjelaskan, setelah formasi didapat,  pihaknya selaku leading sektor pelaksanaan seleksi akan segera menentukan pantia seleksi serta lokasi tes.

BACA JUGA:Seleksi PPPK Tahap III Resmi Dibuka: Siapkan Berkas! Peserta Lama Tak Harus Daftar Lagi

Pasalnya, jadwal seleksi berbasis CAT (computer asissted test) dijadwalkan pusat pada 24 November mendatang.

“Formasi telah kami terima. Ini sesuai dengan keputusan KemenPAN-RB dan Kemendikbud dalam pertemuan di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, Kamis–Sabtu (22-24/9) lalu,” ujarnya ditemui Raselnews.com, Senin (26/9/2022).

Menurut Novianto, secara khusus calon peserta tes akan diambil dari peserta yang sebelumnya telah berpartisipasi pada seleksi PPPK tahap I dan II.

Peserta ini akan diregistrasi ulang melalui aplikasi yang disediakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI.

BACA JUGA:Formasi PPPK 2022 untuk Tenaga Teknis Minim, Ini Menurut MenPAN-RB

“Peserta yang belum lolos itu sebanyak 305 orang, jadi mereka ini masih prioritas. Meski demikian, calon peserta baru tetap diperbolehkan mendaftar dengan ketentuan telah masuk dalam data pokok pendidikan (dapodik) selama dua tahun terakhir,” jelasnya.

Lanjut Novianto, pelaksanaan seleksi PPPK kali ini kemungkinan besar hanya dilaksanakan satu hari.

Hal ini sesuai dengan petunjuk dan arahan dari Kemendikbudristek RI.

BACA JUGA:Tersisa Kuota 493 PPPK Guru

Maka itu, perlu disiapkan tempat dan lokasi yang tepat untuk melaksanakan seleksi tersebut.

“Demi efisien waktu, nanti akan dilaksanakan satu hari saja. Ketua dari pelaksana tes adalah pak Sekretaris Daerah (Sekda) Bengkulu Selatan,” beber Novianto.

Murni APBN

Sementara itu, Novianto menegaskan jika kedepan penggajian ASN PPPK yang telah dilantik bersumber dari APBN.

Hal ini sudah diperjelas Kemenkeu bersama KemenPAN-RB RI. Sehingga, daerah tak perlu bersusah payah mengeluarkan APBD untuk membayar gaji PPPK tersebut.

BACA JUGA:Bupati Bengkulu Selatan Minta Gaji PPPK Dianggarkan MenPAN-RB

“Kalau di seleksi I dan II lalu memang belum jelas kepastian penggajiannya seperti apa. Tapi sekarang sudah nyata dan rinci. Terhitung Januari 2023 semua gaji ASN PPPK langsung dari pusat,” kata Novianto.

Tak hanya itu, para ASN PPPK juga akan diberikan tunjangan gaji ke-13 dan ke-14 sesuai dengan tunjangan PNS lainnya.

Hal ini juga ditetapkan melalui dana APBN yang disalurkan dalam bentuk DAU (dana alokasi umum).

“Jadi di sistem BPKAD nanti sudah ada kolom khusus untuk penggajian PPPK. Mereka (PPPK) akan digaji setiap bulan per 1 Januari,” imbuh Novianto.

BACA JUGA:Alhamdulillah...445 Nakes PTT di Seluma Diusulkan Jadi PPPK

Meski demikian, ASN PPPK tetap harus dievaluasi setiap tahunnya. Hal ini untuk peningkatan kualitas serta kedisiplinan tugas yang maksimal.

“Kontrak PPPK setiap lima tahun sekali, namun evaluasinya per tahun. Mereka ini diharapkan terus maksimal dan disiplin dalam bekerja,” demikian Novianto. (rzn)

Sumber: