Pagi Ini Pemkab Bengkulu Selatan Gelar Pasar Murah 4 Titik, Pembeli Dapat Subsidi 20 Persen

Pagi Ini Pemkab Bengkulu Selatan Gelar Pasar Murah 4 Titik, Pembeli Dapat Subsidi 20 Persen

RAPAT: Sekda Bengkulu Selatan, Sukarni memimpin rapat kesiapan operasi pasar murah beberapa waktu lalu-wawan suryadi-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Untuk mengatasi inflasi pasca pengumuman kenaikan bahan bakar minyak (BBM), Pemkab Bengkulu Selatan (BS) melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) BS akan menggelar operasi pasar atau pasar murah di setiap kecamatan.

Pasar murah akan digelar selama kurun tiga bulan ke depan atau hingga akhir tahun 2022. Kegiatan pasar murah dilakukan Tim Pengendali Inflasi Kabupaten BS dalam bentuk Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) berupa pasar murah terintegrasi.

Sekda BS Sukarni Dunip M.Si menyebut kegiatan pasar murah sebagai tindak lanjut Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor: 134/PMK.07/2022 tentang Belanja Wajib Dalam Rangka Penanganan Dampak Inflasi Tahun 2022.

BACA JUGA:Berhasil Tekan Inflasi, Bengkulu Terima Dana Insensif Daerah Rp10 Miliar

Sebagai respon terhadap PMK, Pemkab BS mengalokasikan anggaran ke beberapa program kegiatan yang berhubungan langsung dengan pengendalian inflasi. Salah satunya kegiatan pasar murah terintegrasi.

"Program pasar murah atau operasi pasar ini merupakan salah satu cara pengendalian inflasi pangan secara langsung. Program ini akan dimulai Senin, 10 Oktober (hari ini) hingga akhir tahun 2022 nanti," sebut Sekda.

Sekda berharap pasar murah dapat membantu meringankan beban masyarakat untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok. Ia meminta masyarakat dapat memanfaatkan program kegiatan untuk pemenuhan kebutuhan.

"Benar, program ini akan menyasar 11 kecamatan di BS. Untuk itu saya harap masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini," tegas Sekda.

Terpisah, Kadis Ketahanan Pangan BS Ir. Iskandar AZ mengaku jenis komoditi yang akan dijual pada program pasar murah di antaranya cabai merah, telur, dan bawang merah.

BACA JUGA:Makanan dan Minuman Penyebab Utama Inflasi di Bengkulu

Dalam program ini, setiap komoditi akan diberi subsidi 20 persen dari harga pasar. Kegiatan pasar murah setiap kecamatan akan digelar dua kali dalam satu bulan untuk masa tiga bulan ke depan.

Pada hari pertama, hari ini (10/10), pasar murah akan digelar di empat titik. Yakni di Lapangan Rajawali Kecamatan Pasar Manna, Kantor Camat Pino, Kantor Camat Kedurang Ilir dan Kantor Camat Seginim.

Lalu dilanjutkan besok, Selasa (11/10), di Lapangan Sekundang Kota Manna, Kantor Camat Pino Raya, Kantor Camat Kedurang dan Kantor Camat Bunga Mas.

Sedangkan hari ketiga, Rabu (12/10), di Kantor Camat Ulu Manna, Kantor Camat Manna dan Kantor Camat Air Nipis.

"Ayo manfaatkan kesempatan ini. Setiap komoditi akan diberikan keringanan harga sebesar 20 persen. Kegiatan pasar murah terbuka untuk umum," pungkas Iskandar. (one)

Sumber: