Targetkan 15 ribu Jemaah Zikir Akbar Nasional di Bengkulu

Targetkan 15 ribu Jemaah Zikir Akbar Nasional di Bengkulu

PAPARAN: Ketua Panitia ZAN, Dempo Exler memaparkan kesiapan panitia-Lisa Rosari-raselnews.com

BENGKULU, RASELNEWS.COM - Zikir Akbar Nasional (ZAN) Thoriqoh Naqsabandiyah di bawah asuhan Buya Syekh Muhammad Rasyidsyah Fandy akan digelar pada 5 November 2022.

Zikir dan doa bersama akan dipusatkan di halaman kantor Bupati Bengkulu Selatan. Diperkirakan zikir dan doa bersama ini akan diikuti 15 ribu jemaah dari berbagai provinsi di Indonesia.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu Drs H Hamka Sabri MSi mengatakan kegiatan keagamaan itu sudah sesuai tujuan pembangunan daerah.

"Pembangunan itu ada dua, fisik dan Sumber Daya Manusia (SDM), dua hal ini tidak bisa dipisahkan. Zikir bersama membantu pemerintah mendukung pembangunan SDM," terang Hamka, Kamis (20/10).

BACA JUGA:Seluruh OPD Diminta Dukung Persiapan Zikir Akbar

Hamka mengatakan Pemprov bengkulu akan mendukung penuh menyukseskan kegiatan ZAN tersebut. Apalagi kegiatan itu dilakukan secara nasional dan Bengkulu menjadi tuan rumah.

“Temanya mendoakan kebaikan bangsa dan negara, dari Bengkulu untuk Indonesia. Selama ini zikir sudah dilakukan, biasanya sendiri-sendiri. Sekarang dilakukan bersama, maka akan lebih dirasakan manfaatnya," sambung Hamka.

Sementara itu, Bendahara Umum DPP Thoriqoh Naqsabandiyah, Drs. Ismul Khalidin MHI mengatakan zikir akbar selama ini dilakukan di berbagai provinsi di Indonesia. Tahun ini, Provinsi Bengkulu dipilih sebagai tuan rumah.

"Tahun depan itu sudah tahun politik. Ada dua pilihannya, kalau tidak dilakukan tahun ini, dilaksanakan setelah tahun politik," ujar Ismul.

Kegiatan zikir akbar memang perdana dilakukan di Bengkulu. Sebelumnya di lakukan di provinsi lain di Indonesia. Jumlah jemaah yang ikut zikir di Bengkulu dibatasi 15 ribu orang.

“Melalui zikir ini kita bisa lebih dekat dengan Allah SWT dan berdoa terhindar dari kejahatan," ungkapnya.

terpisah, Ketua Panitia ZAN Dempo Xler SIP, MAP mengatakan peserta yang akan hadir dari berbagai daerah. Antaranya Provinsi Sumatera Selatan, Jawa Barat, Lampung, Banten, Sumatera Utara, Jawa Tengah, Bangka Belitung, dan Aceh. Kemudian juga ada jemaah dari Riau, Kalimantan dan provinsi lain di Indonesia.

"Rencananya 15 ribu jemaah yang akan hadir," tegas Dempo. Ia mengaku berbagai persiapan terus dimatangkan. Termasuk tamu-tamu penting yang akan hadir ke Bengkulu.

Seperti Kepala Staf Kepresidenan H. Moeldoko, Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah, Ketua DPRD Provinsi Bengkulu Ihsan Fajri, Bupati/Walikota se-Provinsi Bengkulu, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, Kades, Lurah, dan Camat se-Provinsi Bengkulu. "Kita terus matangkan persiapan, zikir ini hanya digelar satu hari," demikian Dempo. (cia)

Sumber: sekda provinsi bengkulu