Diduga Gagal Ginjal Satu Balita di Bengkulu Meninggal Dunia

Diduga Gagal Ginjal Satu Balita di Bengkulu Meninggal Dunia

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni-DOK-raselnews.com

BENGKULU, RASELNEWS.COM - Seorang balita berusia 4 tahun dari Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu meninggal dunia diduga akibat menderita gagal ginjal.

Balita tersebut sempat mendapat perawatan tim medis di rumah sakit daerah tempa tinggalnya selama enam hari sebelum akhirnya meninggal dunia. 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni mengatakan, sebelumnya balita tersebut menderita demam, sesak nafas, diare dan sempat mendapatkan perawatan di rumah sakit selama enam hari.

Hasil investigasi dari tim epidomolgi, diketahui balita tersebut sempat mengkonsumsi obat demam saat dirawat di rumah. Obat tersebut mengandung Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) yang melebihi ambang batas aman bagi anak-anak. Saat ini obat tersebut sudah ditarik dari pasaran.

BACA JUGA:Rilis Kemenkes, 102 Merek Obat Sirup Dilarang Dijual, Ini Daftarnya

Namun, untuk memastikan bahwa penyebab kematiannya adalah akibat mengkonsumsi obat tersebut, akan diteliti lebihlanjut oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Dengan adanya kasus, Herwan memastikan pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar sementara waktu tidak mengkonsumsi obat sirup.

Masyarakat juga diminta tidak panik. Selain itu, kepada dokter di fasilitas kesehatan untuk tidak meresepkan obat sirup dan seluruh apotek tidak menjualnya sementara waktu. "Masyarakat kita harapkan jangan panik dan jika ada anak yang menderita gejala serupa segera bawa ke rumah sakit untuk ditindaklanjuti," Herwan Antoni. (cia)

Sumber: dinas kesehatan bengkulu