Dewan Sesalkan Realisasi Anggaran Lambat, Kontraktor Jadi Kesulitan

Dewan Sesalkan Realisasi Anggaran Lambat, Kontraktor Jadi Kesulitan

Anggota DPRD BS, Ikhsarudin-dok-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat daerah (DPRD) Bengkulu Selatan, Ikhsarudin, SH sesalkan realisasi anggaran kegiatan pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan lambat.

Anggota dewan yang akrab disapa Aang ini mengaku banyak menerima keluh kesah dari kontraktor terkait lambatnya realisasi anggaran di tahun 2022. Akibatnya pekerjaan juga terlambat dimulai.

Kondisi ini menyebabkan kontraktor gelabakan dalam menyelesaikan proyek fisik karena dipenghujung tahun ini curah hujan sangat tinggi.

Bahkan beberapa kontraktor terpaksa melakukan perbaikan pekerjaan beberapa kali akibat bangunan rusak terkena bencana yang disebabkan cuaca.

BACA JUGA:Dewan Panggil Dikbud, Pertanyakan Tahapan Seleksi PPPK Guru

“Lambatnya realisasi anggaran sangat berpengaruh terhadap pekerjaan fisik. Salah satunya faktor cuaca, ketika anggaran baru bergerak menjelang akhir tahun, itu sudah memasuki musim hujan. Akibatnya pekerjaan fisik menjadi terhambat, kontraktor harus menyesuaikan dengan kondisi cuaca dalam proses pekerjaan, akibatnya proses pekerjaan menjadi lambat," katan anggota dewan dari PKPI ini.

"Bahkan ada beberapa pekerjaan yang rusak karena longsor dan disapu air yang meluap akibat hujan. Kondisi itu jelas sangat merugikan para kontraktor,” ujar Ikhsarudin.

Anggota dewan ini berharap hal serupa tidak lagi terulang ditahun 2023 nanti. Ia meminta OPD cepat merealisasikan anggaran agar semua pekerjaan bisa cepat bergerak. Jika proyek fisik sudah berjalan sekitar bulan Februari atau Maret, maka faktor cuaca akan mendukung. Kontraktor akan nyaman dan tenang dalam bekerja. Hasil pembangunan pun akan maksimal.

BACA JUGA:Dewan Minta Tes PPPK Guru Transparan

“Saya minta supaya kejadian ditahun 2022 ini menjadi evaluasi, tahun depan jangan terulang lagi. Soalnya pengesahan APBD kan selalu tepat waktu, semestinya realisasi anggaran juga harus cepat. Semakin cepat realisasi anggaran tentu semakin baik, serapan anggaran bisa lebih cepat dan pembangunan yang diharapkan masyarakat bisa lebih cepat selesai,” tutup anggota dewan ini. (yoh)

Sumber: anggota dewan perwakilan rakyat bengkulu selatan