Hari Pertama Buka Pendaftaran, Ini 2 Bacalon BPD yang Serahkan Berkas Dukungan ke KPU

Hari Pertama Buka Pendaftaran, Ini 2 Bacalon BPD yang Serahkan Berkas Dukungan ke KPU

Ilustrasi Pemilu legislatif tahun 2024, 3 anggota DPRD Bengkulu Selatan berencana maju sebagai celeg DPRD Provinsi-DOK-raselnews.com

BENGKULU, RASELNEWS.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu telah menerima berkas dukungan calon anggota DPD pada Pemilu 2024 yang dimulai pada 16 hingga 29 Desember.

Pada hari pertama dibuka, ada dua bakal calon yang menyerahkan yakni Destita dan Rahimandani. 

Ketua KPU Provinsi Bengkulu,  Irwan Syahputra mengatakan, setelah dokumen dukungan diserahkan KPU akan melakukan verifikasi hingag April 2023.

BACA JUGA:KPU Bengkulu Selatan Umumkan PPK Terpilih Malam Hari, Ini Daftarnya

"Verifikasi dilakukan untuk memastikan berkas dukungan ini apakah memenuhi dukungan minimal, baik secara admisnitratif maupun faktual," kata Irwan, Jumat (16/12). 

Irwan mengatakan, verifikasi ini untuk memastikan keabsahan dari berkas dukungan yang diserahkan. Verifikasi dilakukan kepada sampel terhadap nama-nama yang diserahkan, apakah sesuai fakta atau tidak dengan mendatangi para pendukung tersebut.

"Kita menggunakan sampel, seperti partai politik ltu. Menggunakan rumus dan akan disampling menggunakan sistem," kata Irwan.  

BACA JUGA:KPU Bengkulu Selatan Butuh 6.093 Personel Badan Ad Hoc di Pemilu 2024, Berikut Rinciannya

Salah satu Balon DPD, Destita mengatakan, pihaknya memantapkan diri maju dalam bursa pemilihan DPD pada pemilu 2024 mendatang. Berkas dukungan yang diserahkan sebanyak 2.700 lebih.

Dukungan paling banyak adalah dari kaum perempuan, baik petani maupun pelajar dan mahasiswi. "Kita ingin berjuang, maju bersama-sama untuk kesejahteraan masyarakat Provinsi Bengkulu," kata Destita. (cia)

Sumber: ketua kpu provinsi bengkulu