KPU Bengkulu Selatan Butuh 6.093 Personel Badan Ad Hoc di Pemilu 2024, Berikut Rinciannya

KPU Bengkulu Selatan Butuh 6.093 Personel Badan Ad Hoc di Pemilu 2024, Berikut Rinciannya

Anggota KPU Bengkulu Selatan, Asprian Toni SE-DOK-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bengkulu Selatan setidaknya membutuhkan 6.093 personel badan ad hoc untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024.

Mereka akan berkerja sebagai penyelenggara Pemilu 2024 di 11 kecamatan dan 158 desa/kelurahan dalam wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan.

Rinciannya, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sebanyak 55 orang, Panitia Pemungutan Suara (PPS) 478 orang.

BACA JUGA:Cara Daftar PPK dan PPS Pemilu 2024 Melalui SIAKBA KPU, Lengkap!!!

Kemudian, petugas pemutakhiran data pemilih atau pantarlih 556 orang, Kelompok petugas pemungutan suara (KPPS) 3.892 orang, dan Linmas sebanyak 1.112 orang.

"Ya, di Pemilu 2024 kita akan banyak membutuhan personel. PPK butuh 5 orang per kecamatan, PPS 3 orang per desa/kelurahan, pantarlih 1 orang per TPS (tempat pemungutan suara). Sedangkan KPPS paling banyak yakni 7 orang per TPS, dan Linmas 2 orang per TPS," ujar anggota KPU Bengkulu Selatan, Asprian Toni SE kepada Raselnews.com.

BACA JUGA:Wuih...KPU Kaur Dapat 6 Mobil Baru

Jumlah kebutuhan KPU Bengkulu Selatan penyelenggara di tingkat kecamatan dan desa/kelurahan tersebut tegas Asprian Toni, masih mengacu Pemilu 2019 dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 556.

Sementara di Pemilu 2024, kemungkinan besar jumlah penyelenggara sebagai perpanjangan tangan KPU Bengkulu Selatan akan bertambah.

Sebab, jumlah TPS diprediksi bisa mencapai 600-an. Dari rakor bersama KPU RI beberapa waktu lalu, muncul wacana adanya TPS khusus di lembaga permasyarakatan, lokasi pertambangan, perkebunan, hingga pondok pesantren.

BACA JUGA:8 Parpol Ini Disurati KPU Bengkulu Selatan, Satu Partai Tak Difaktualkan

"Kalau TPS 600-an, artinya kebutuhan penyelenggara, khususnya pantarlih, KPPS, dan linmas akan banyak lagi. KPPS saja misalnya. 600 dikali 7, sudah 4.200 orang yang dibutuhkan," sebut Asprian Toni.

"Ini untuk penyelenggara saja. Belum lagi kebutuhan akan personel di sekretariat. Baik itu PPK dan PPS," sambung Asprian Toni.

Hanya saja, masa perekrutan setiap penyelenggara berbeda. Pertama kali, KPU Bengkulu Selatan akan melakukan rekrutmen PPK pada akhir November 2022.

Lalu, dilanjutkan PPS, pantarlih, KPPS serta Linmas.

BACA JUGA:Bendahara KPU Ditahan Kejari Seluma

"Khusus pantarlih, setelah selesai bertugas memutakhiran mata pilih, mereka otomatis menjadi anggota KPPS. Nah untuk linmas, biasanya di desa itu ada sudah ada. Jika kurang, akan ada perekrutan. Tapi (rekrutmen Linmas) bukan ranah KPU, Satpol PP yang berwenang," jelas Asprian Toni. (**)

 

 

 

 

 

Sumber: kpu bengkulu selatan