BUMDes di Seluma Luncurkan Minuman Tradisional dan Pembersih Lantai, Ini Nama Produknya

BUMDes di Seluma Luncurkan Minuman Tradisional dan Pembersih Lantai, Ini Nama Produknya

TRADISIONAL : Bubuk minuman tradisional Jesika produk BUMDes Manfaat Desa Sukasari Kabupaten Seluma -Ahmad Fauzan-raselnews.com

SELUMA, RASELNEWS.COM - Jika berkunjung ke Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu, belum lengkap rasanya jika belum mencicipi minuman tradisional Jesika dan membeli cairan pembersih lantai Karabol Serai Wangi.

Minuman tradisional Jesika dan cairan pembersih lantai Karabol serai wangi ini diproduksi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Manfaat Desa Sukasari, Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu.

Minuman tradisional Jesika adalah minuman untuk kesehatan serupa jamu. Sesuai dengan namanya, Jesika merupakan singkatan dari Jahe Merah, Serai, dan Kayu Manis. Saat ini minuman tradisional ini sudah dipasarkan bebas, khususnya di Kabupaten Seluma.

BACA JUGA:Majukan Bumdes, Pemerintah Desa Dituntut Kreatif

Minuman tradisional ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Bahan bakunya juga diambil dari tumbuhan alam hasil pertanian masyarakat lokal.

Cara pengelolaannya juga masih tradisional melalui sistem permentasi. Sehingga produk minuman Jesika ini dijamin steril.

Sedangkan cairan pembersih laintai Karabol Serai Wangi sudah diproduksi oleh BUMDes Sukasari dan saat ini baru mulai dipasarkan. Cairan ini diproduksi dari tanaman serai melalui proses penyulingan. Selain baunya yang wangi, cairan ini terbukti ampuh membersihkan lantai dan membasmi kuman.

BACA JUGA:Keren...BUMDes Lawang Agung Wakili Kabupaten Bengkulu Selatan

“Alhamdulillah sekarang BUMDes di bawah binaan Universitas Terbuka  (UT) mampu berkolaborasi menciptakan produk Jesika dan cairan pembersih lantai Karbol Serai Wangi," jelas Ketua BUMDes Manfaat Desa Sukasari, Sugian kepada wartawan.

Menurutnya, saat ini karbol serai wangi sudah siap untuk dipasarkan. Hanya saja, BUMDes masih akan melakukan sosialisasi kepada warga desa tetangga maupun ke Pemkab Seluma agar bisa ikut serta memanfaatkan produk BUMDes ini.

"Kami  masih melakukan promosi produk terbaru ini ke pasaran agar bisa di terima di tengah masyarakat Kabupaten Seluma," urainya.

BACA JUGA:Dibenci Petani, Ini Manfaat Tumbuhan Benalu atau Parasit

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Seluma, Noperti Elmanto membenarkan dengan adanya peluncuran produk terbaru dari BUMDes Manfaat Desa Sukasari berupa karbol serai wangi. Dimana bahan pokoknya sudah banyak tersedia di desa.

"Bahan pokok sudah ada di desa sehingga pendampingan dan pengelolaannya sudah dilakukan oleh BUMDes," pungkasnya.

BACA JUGA:Manfaat Lengkuas

Dengan dikeluarkannya produk terbaru, maka PMD memiliki tangung jawab untuk melakukan pendampingan dalam pemasaran. Termasuk melakukan pembinaan promosi di Kabupaten Seluma. Selain itu  pengawasan dan pembinaan juga harus dilakukan karena memang BUMDes Manfaat Desa Sukasari terus berinovasi.

"Salah satu upaya promosi yang akan dilakukan adalah ke setiap OPD agar bisa memanfaatkan Karbol Serai wangi milik BUMDes ini. Sedangkan untuk Jesika sudah mampu menembus pasaran di waralaba," pungkasnya. (rwf)

Sumber: ketua bumdes manfaat desa sukasari kabupaten seluma