Dibenci Petani, Ini Manfaat Tumbuhan Benalu atau Parasit

Dibenci Petani, Ini Manfaat Tumbuhan Benalu atau Parasit

Daun tumbuhan benalu-DOK-raselnews.com

TUMBUHAN benalu atau parasit atau dalam bahasa serawai Bengkulu Selatan Provinsi Bengkulu disebut Kayu Singgah sangat dibenci oleh petani.

Karena tumbuhan ini menjadi parasit yang menempel di pohon tanaman petani. Jika dibiarkan tumbuhan parasit akan terus membesar. Tumbuhan benalu akan menyerap nutrisi dari pohon yang dihinggapi. Akibatnya pohon tersebut lambat laun akan mati.

Biasanya tumbuhan benalu banyak ditemui di kawasan Indonesia dan Asia. Hampir semua tanaman perkebunan dapat menjadi tempat hidup tumbuhan parasit.

BACA JUGA:Manfaat Ikan Gabus untuk Kesehatan

Buah tumbuhan benalu ini rasanya manis, sehingga burung, tupai dan hewan pemakan buah lainnya sangat tertarik dengan buah ini.

Karena burung menelan buah pohon benali dengan biji bininya, akibatnya saat burung membuang kotoran biji parasit menempel di dahan pohon, kemudian hidup dan menjadi parasit.

Namun siapa sangka ternyata tumbuhan yang paling dibenci petani itu rupanya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Berikut manfaat tumbuhan benalu untuk kesehatan:

1. Meredakan pusing

Manfaat pertama yang didapat dari benalu adalah meredakan pusing. Benalu dapat dijadikan sebagai obat alternatif untuk meredakan pusing. Dengan mengonsumsi benalu saat sedang pusing secara teratur, maka pusing akan reda.

BACA JUGA:14 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan

2. Mengobati radang sendi
Benalu mengandung flavonoid yang bermanfaat untuk tubuh terutama untuk mengobati radang sendi. Suatu penelitian pernah membuktikan bahwa benalu dapat mengobati radang sendi. Kamu dapat mengonsumsi benalu secara rutin untuk mengobati radang sendi.

3. Membantu mengobati epilepsi
Benalu dipercaya dapat mengobati penyakit epilepsi. Karena kandungannya, bangsa Eropa pada abad ke 16 sering menggunakannya sebagai obat alami yang berguna untuk mengobati epilepsi. Konsumsi benalu secara rutin dapat membantu penderita epilepsi untuk mengontrol tubuhnya sendiri.

4. Membantu mengobati kanker
Kanker merupakan salah satu dari penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Benalu dapat dijadikan sebagai obat alami karena kandungan flavonoid yang dapat membantu untuk mengobati kanker. Sebuah penelitian di Eropa telah meneliti kandungan benalu yang dapat digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan kanker.

BACA JUGA:Manfaat Kayu Ara untuk Kesehatan

5. Membunuh sel tumor
Selain berguna untuk mengobati kanker, benalu dapat digunakan untuk membunuh sel tumor yang ada dalam tubuh. Benalu memiliki kandungan yang dapat membantu untuk mencegah terjadinya pembesaran tumor dan membunuh sel tumor yang dapat menjadi pemicu kanker ganas.

Sumber: berbagai sumber