Ini Tempat Wisata di Bengkulu, Rekomendasi Tempat Berlibur, Beda Dari yang Lain

Ini Tempat Wisata di Bengkulu, Rekomendasi Tempat Berlibur, Beda Dari yang Lain

BATU JUNG : Batu Jung adalah salah satu objek wisata unik di Provinsi Bengkulu. Tepatnya di Kabupaten Kaur -Sahri Senadi-raselnews.com

BENGKULU, RASELNEWS.COM - Provinsi Bengkulu merupakan salah satu daerah di Nusantara yang menyimpan begitu banyak potensi wisata eksotis. Baik wisata alam, maupun tempat wiata buatan.

Sehingga tidak salah jika Provinsi Bengkulu yang dijuliki Bumi Rafflesia ini menjadi salah satu tempat yang direkomendasikan untuk tujuan wisata. Meski bukan termasuk salah satu kota besar di Indonesia, fasilitas pendukung di bidang pariwisata juga sudah banyak tersedia. Jalur transportasi juga sudah lancar. Baik transportasi darat, udara maupun laut.

Di Provinsi Bengkulu, kamu bisa menyaksikan habitat asli spesies bunga terbesar di dunia, Rafflesia Arnoldi. Bengkulu sendiri sebetulnya memiliki sejarah yang unik dan berbeda dari daerah Indonesia lainnya.

BACA JUGA:10 Objek Wisata Kaur yang Aman Cuaca Buruk Saat Menyambut Pergantian Tahun

Daerah ini dulunya merupakan jajahan Inggris selama kurang lebih 140 tahun. Sehingga banyak destinasi wisata di Bengkulu yang historis dan merupakan peninggalan jaman kolonial Inggris.

Bagi kamu yang penasaran dengan keunikan serta keindahan objek wisata di Provinsi Bengkulu, berikut kami rangkum rekomendasi tempat wisata di Provinsi Bengkulu yang bisa dikunjungi bersama keluarga atau teman-teman tersayangmu.

Pantai Panjang
Sebagai salah satu wilayah pesisir, maka tak heran jika ditemukan banyak pantai di Bengkulu. Tempat wisata di Bengkulu ini adalah salah satu destinasi wisata pantai yang paling populer di kota ini.

Sesuai namanya, Pantai Panjang Bengkulu merupakan salah satu pantai terpanjang di Indonesia dengan panjang mencapai hingga 7 kilometer. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di pantai ini, mulai dari bersepeda sembari menikmati udara sejuk khas pantai, hingga bermain air laut di tepi pantai.

Pulau Tikus
Bengkulu juga memiliki wisata pulau yang tidak kalah seru. Destinasi wisata Bengkulu yang ini kerap kali dikunjungi warga sekitar maupun para pelancong. Lokasinya hanya sekitar 40 menit perjalanan menggunakan perahu tempel dari Kota Bengkulu.

Airnya yang jernih ditambah keindahan pesona alam bawah laut, pulau ini juga menyediakan wahana snorkeling yang pastinya akan sangat menarik untuk dicoba. Tak hanya itu, Pulau Tikus memang sedang dikembangkan sebagai destinasi wisata scuba diving di Bengkulu.

Benteng Marlborough
Benteng ini berlokasi di Jalan Benteng, Kebun Keling, Kecamatan Teluk Segara, Kota Bengkulu, Bengkulu. Benteng Marlborough merupakan situs bersejarah peninggalan Inggris. Destinasi wisata ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang senang berwisata sejarah sekaligus berburu foto.

Sebab di benteng ini kamu bisa menemukan banyak spot foto menarik yang memberikan ciri khas tertentu pada desain-desain ala vintage di zaman penjajahan. Keunikan lain dari Benteng Marlborough ini adalah bentuk bangunannya yang menyerupai kura-kura jika dilihat dari udara.

BACA JUGA:15 Objek Wisata Ini Bisa Jadi Pilihan Saat Libur Nataru di Bengkulu Selatan, 2 Masuk Nominasi 5 Besar API

Tempat wisata historis di Bengkulu ini menyimpan banyak cerita. Dulunya, Fort Marlborough adalah salah satu benteng paling tangguh yang dimiliki Inggris di belahan bumi timur. Saking tangguhnya, benteng ini tidak hancur sama sekali setelah terguncang oleh gempa bumi Enggano berskala 7.9 richter dan dihantam tsunami setinggi 3.5 meter. Benteng ini juga menjadi lokasi pertarungan antara tentara Perancis dan Inggris saat Perang Tujuh Tahun.

Museum Rumah Bung Karno
Museum ini terletak di Jalan Soekarno-Hatta RT. 05 RW. 02 No 02, Kelurahan Anggut Atas, Kecamatan Ratu Samban, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu. Seperti yang diketahui, Presiden pertama RI, Ir. Soekarno pernah diasingkan di Kota Bengkulu pada masa kolonial Belanda.

Bahkan selama pengasingan ini, Bung Karno bertemu dengan pujaan hatinya, Ibu Fatmawati. Rumah kediaman Bung Karno selama pengasingan itu, bisa kamu kunjungi di Kota Bengkulu yang kini juga dijadikan sebagai objek wisata museum.

Di objek wisata Bengkulu ini kamu bisa melihat berbagai benda peninggalan Soekarno dan keluarganya selama di Bengkulu, mulai dari foto-foto lawas, hingga ranjang besi milik Soekarno dan keluarganya.

Hutan Bakau Pulau Bai
Lokasinya di Kecamatan Sumber Jaya, Pulau Baai, Kota Bengkulu. Pulau Baai merupakan destinasi wisata yang kerap kali dikunjungi para pelancong. Pulau Baai Bengkulu memiliki hutan bakau seluas kurang lebih 200 hektar.

Pastikan kamu membawa kamera dan mengenakan pakaian terbaik kamu, karena begitu banyak spot yang bisa jadikan untuk berburu foto. Selain itu, jika beruntung, di tempat ini kamu bisa menemui banyak hewan langka. Mulai dari bajing kelapa, lutung kelabu, berang-berang, hingga elang tiram.

Air Panas Suban
Objek wisata ini berlokasi di Jalan Cawang Baru, Kecamatan Curup, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. Bagi kamu yang sedang merasa jenuh dengan suasana hiruk pikuk kota, maka kamu bisa berkunjung ke tempat pemandian air hangat di Suban, Curup ini.

Pemandangan alam di sekitarnya masih sangat asri lantaran bersanding dengan tebing yang diselimuti oleh pepohonan yang rimbun. Suasananya yang asri dan begitu menyatu dengan alam, membuat destinasi wisata di Bengkulu ini sangat cocok untuk kamu yang sedang membutuhkan relaksasi diri.

Kebun Teh Kabawetan
Kebun teh ini berada di jalan Kabawetan, Tangsi Baru, Kecamatan Kaba Wetan, Kabupeten Kepahiang. Satu lagi destinasi wisata di Bengkulu yang cocok untuk kamu yang sedang membutuhkan ketenangan.

Hamparan hijaunya kebun teh ini masih terjaga keasriannya, ditambah lagi deretan pohon sengon di sekitarnya yang tumbuh berjajar rapi. Selain suasana yang hijau dan menyejukkan, kamu juga bisa menikmati berbagai macam oleh-oleh khas Bengkulu yang banyak dijual di sepanjang jalan menuju Kebun Teh ini.

BACA JUGA:Bangunan Wisata Alam Sekunyit Bengkulu Selatan “Dilahap” Laut

Dari Kota Bengkulu, kamu membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk menuju Kebun Teh Kabawetan ini. Kalau kamu memiliki pertimbangan untuk menginap di daerah Kepahiang, tidak perlu khawatir, karena kamu bisa menemukan sejumlah hotel di lokasi ini.

Bukit Batu Kandis
Objek wisata alam ini berada di Durian Demang, Kecamatan Karang Tinggi, Kabupaten Bengkulu Tengah. Bukit Batu Kandis adalah salah satu wisata alam di Bengkulu yang menyuguhkan panorama yang begitu memukau.

Ketika sampai di lokasi ini, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam berupa bukit yang berbentuk seperti Sphinx di Mesir. Pepohonan yang rindang dan pegunungan yang berjajar pun menambah keindahannya tersendiri. Bukit ini juga merupakan tempat pertama kali ditemukannya Bunga Rafflesia Arnoldi pada tahun 1818. Kamu juga bisa melihat langsung flora langka yang satu ini.

Pantai Way Hawang
Sebuah pantai indah dengan deburan pasir putih yang indah. Bibir pantai ini cukup asik dan menarik plus dengan pesona tumbuhan hijau yang menarik. Pantai ini tidak melulu menjadi tempat yang panas. Masih ada beberapa tumbuhan hijau yang akan membuat Anda bebas duduk santai bersama sahabat atau keluarga.

Berada di pantai yang indah ini akan membuat Anda rileks sejenak dan bisa melepas kejenuhan begitu saja. Destinasi wisata ini terletak di Desa Way Hawang dengan jarak sekitar 15 kilometer dari Kota Bintuhan Kabupaten Kaur.

Pantai Sulau
Hal menarik dari pantai ini adalah hamparan batu koral yang unik dan menarik. Beragam batu koral ini agak berbeda dengan batu koral di pantai. Tidak heran jika banyak pengunjung yang datang untuk melihat batu koral indah di pantai ini.

Selain itu, pengunjung juga dapat melihat hasil tangkapan ikan  para nelayan. Tidak heran jika pada pagi hari, pantai ini selalu ramai pengunjung karena ingin segera mendapat ikan yang segar plus dengan harga murah. Pantai Sulau ini berada di Desa Sulau Wangi Kecamatan Tanjung Kemuning, Kabupaten Kaur.

Pantai Bunga Karang
Sesuai dengan namanya, daya tarik dari pantai ini tentu saja bunga karang yang sangat indah dan cukup langka. Jika Anda beruntung maka bisa melihat bunga karang yang tumbuh di sekitar bebatuan.

Terutama pada musim tertentu panorama yang ada di pantai menjadi sangat menarik. Cobalah datang ke pantai ini hingga senja datang tentu pengunjung akan melihat view menarik yang jarang Anda temui di pantai lain. Pantai ini berada di Desa Bakal Makmur, Kecamatan Maje, Kabupaten Kaur.

Air Terjun Batu Rigis
Hal menarik dari air terjun ini tentu saja lengkungan air terjun yang tidak seperti air terjun pada umumnya. Biasanya, air terjun terjun bebas dengan garis yang lurus. Namun air terjun yang satu ini cukup berbeda karena memiliki garis sungai yang seperti melingkar.

Entah bagaimana dulu terbentuknya, yang jelas dasar dari aliran air terjun ini adalah sebuah tebing batu. Air terjun ini berada di ketinggian 600 mdpl. Pesona yang hadir di sekitar air terjun juga cukup indah. Anda dapat menikmati keindahan tersebut sambil duduk santai bersama orang tercinta. Air terjun ini berada di Desa Bungin Tambun III, Kecamatan Padang Guci Hulu, Kabupaten Kaur.

Air Terjun Napalan
Berbeda dari air terjun Batu Rigis, air terjun ini memiliki tingkatan unik dan menarik. Bentuknya mirip seperti gerigi yang tiap tingkat bisa dinaiki seperti anak tangga.

Tinggi sebenarnya dari air terjun ini bisa mencapai 7 meter hanya saja tidak akan nampak sangat tinggi karena tiap tingkatan memiliki jarak yang berbeda. Sekilas hanya nampak seperti air sungai biasa, namun jika diperhatikan mirip dengan air terjun yang ada di luar negri. Lokasinya di Desa Cokoh Enau, Kecamatan Kaur Utara, Kabupaten Kaur.

Gunung Patah
Disebut dengan gunung patah karena kondisi gunung ini seperti sebuah patahan. Sebenarnya, keberadaan gunung ini masih diragukan dan masih dalam penelitian. Karena itu, ada jarak atau batas tertentu yang tidak boleh dijangkau oleh pengunjung karena kawah yang ada di gunung seperti ada namun kadang juga menghilang.

Misteri mengenai Gunung Patah ini terus saja menjadi pembicaraan apakah sudah masuk sebagai gunung purba atau masih berupa gunung aktif.

Benteng Linau
Sebuah situs sejarah yang kini menjadi salah satu objek wisata ini tetap bagus dan terawat. Meski sudah ada kerusakan pada beberapa bagian karena sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Situs ini tentu menjadi destinasi wisata yang asik dan menarik karena dekat dengan cagar budaya.

Ada kemungkinan situs ini masih jadi satu dengan kawasan cagar budaya tersebut. Ada sebuah pantai dan barisan tumbuhan hijau yang indah. Plus dengan taburan pasir putih membuat tempat ini menjadi lebih indah dan menarik. Lokasinya di Desa Benteng Harapan, Kecamatan Maje, Kabupaten Kaur.

Pantai Linau
Objek wisata ini berlokasi di Jalan Lintas Barat, Linau, Maje, Kabupaten Kaur. Lanskap alam berupa laut biru nan jernih menjadi salah satu daya tarik dari Pantai Linau.

Saking jernihnya, kamu bahkan bisa melihat ke dasar laut dengan mudah. Ombak yang bergulung di kejauhan menambah eksotisnya view dari pantai ini. Beberapa pohon masih tampak menghiasi pinggiran pantai. Saat cuaca terik di siang hari, pepohonan ini menjadi tempat berteduh yang nyaman.

BACA JUGA:Hadapi Lomba Desa Wisata, Seluruh Desa Diminta Siapkan Wisata Unggulan

Untuk mengisi waktu, pengunjung bisa bermain di hamparan pasir pantai yang putih kecokelatan. Kalau ingin lebih seru, sewalah perahu kecil milik nelayan untuk berkeliling di sekitar pantai. Pengunjung bisa melihat beragam biota laut dan terumbu karang yang cantik. Bahkan, pengunjung bisa snorkeling jika ingin melihat lebih dekat ke bawah laut.

Untuk penggemar kuliner, wajib nyobain menu olahan gurita di warung-warung makan yang ada di sekitar Pantai Linau. Menu yang paling spesial adalah sate gurita dan sambal gurita. Harganya mulai dari Rp30.000,00 per porsi. Ada juga gurita kering seharga Rp100.000 perkilogram.

Pantai Sekunyit
Pantai ini terletak dipinggir jalan lintas Barat Sumatera, Suka Raja, Kecamatan Tetap, Kabupaten Kaur. Pantai Sekunyit adalah salah satu pantai terbaik di Kabupaten Kaur, Bengkulu.

Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota Bintuhan. Akses menuju ke sana bisa dilalui dengan sepeda motor maupun mobil. Pantai ini menawarkan pesona hamparan pasir putih, dengan air laut biru jernih.

Kamu bisa melihat pesona bawah laut Pantai Sekunyit yang masih alami. Ada deretan pohon kelapa di pinggir pantai yang menambah segarnya pemandangan di Pantai Sekunyit. Secara keseluruhan, view-nya cantik sekali untuk diabadikan dengan kamera. Apalagi, saat sore hari menjelang matahari terbenam, suasana semakin syahdu dan menenangkan.

Pantai ini memiliki ombak yang lumayan besar sehingga bagus untuk aktivitas surfing. Selain itu, saat air laut sedang surut, kamu bisa bermain air dan berenang di pantai ini. Namun, wajib berhati-hati. Saat air pasang, tidak disarankan untuk berenang karena biasanya gelombang air laut akan lebih tinggi dan besar.

BACA JUGA:Wisata Arung Jeram Bengkulu Selatan Masuk Nominasi 5 Besar API

Banyak pengunjung yang suka memancing di Pantai Sekunyit. Sebab, ada beberapa jenis ikan yang jarang ditemukan di tempat lain. Namun, kalau kamu tidak mau repot memancing, maka tujulah tempat pelelangan ikan yang berada tidak jauh dari Pantai Sekunyit. Di sana, kamu bisa membeli berbagai jenis ikan karang, gurita, dan lobster segar dengan harga terjangkau. Cocokuntuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh!

Nah, untuk kamu yang ingin menyantapnya langsung di pantai juga bisa, lho! Ada banyak warung-warung makan dan restoran di sekitar Pantai Sekunyit. Variasi olahan menu ikannya banyak. Yang paling jadi favorit tentu saja ikan bakar dan lobster. Asyik banget bersantap menu olahan laut ditemani suara debur ombak di kejauhan!

Pantai Pengubaian
Pantai Pengubaian sesuai namanya pantai ini berada di Desa Pengubaian, Sekunyit, Kecamatan  Kaur Selatan Kabupaten Kaur. Lokasinya juga tidak terlalu jauh dari pusat kota Bintuhan. Pantai andalan di Kabupaten Kaur ini ramai dikunjungi warga lokal, wisatawan domestik, bahkan wisatawan asing.

Sebab, keindahan pantai ini disebut-sebut mirip dengan Pantai Kuta di Bali. Pesonanya tentu saja ada pada hamparan pasir putihnya yang sangat cantik. Begitu juga dengan air lautnya yang biru dan bersih. Ombak di sekitar pantai ini juga lumayan besar dan cocok untuk aktivitas surfing.

BACA JUGA:Hadapi Lomba Desa Wisata, Seluruh Desa Diminta Siapkan Wisata Unggulan

Area pinggir di Pantai Pengubaian ini berupa area lapang yang cukup luas. Sebagian besar ditutupi rerumputan hijau yang tertata rapi. Masih ada banyak pohon-pohon kelapa yang tumbuh di sekitar area lapang ini. View-nya menjadi semakin terlihat asri dan alami.

Selain itu, pengelola juga menempatkan banyak meja dan kursi untuk bersantai. Di beberapa titik ditempatkan gazebo-gazebo sederhana. Ada juga lampu-lampu hias yang tergantung di sekitar area duduk tersebut. Saat malam, suasananya semakin semarak!

Pengelola pantai sudah menyediakan beragam fasilitas seperti toilet, musala, spot foto kekinian, gardu pandang pohon, ayunan, area parkir, dan warung jajanan. Untuk yang ingin menikmati liburan lebih lama, tersedia juga penginapan. Penginapan ini bentuknya eye-cathing dan view-nya langsung menghadap ke arah pantai.

Harga per malamnya mulai dari Rp250.000,00 saja. Dengan menginap di pantai ini, maka kamu bisa menikmati suasana Pantai Pengubaian lebih lama. Tentunya jangan melewatkan momen sunrise dan sunset yang cantik di pantai ini, ya!

Pantai Laguna
Objek wisata ini juga berada di pinggir Jalan Lintas Barat Sumatera Krui-Bintuhan Desa Merpas, Kecamatan Nasal, Kabupaten Kaur. Pantai Laguna sangat cocok untuk menjadi destinasi wisata bersama keluarga maupun teman-teman terdekatmu.

Pantai bertepi landai ini menawarkan pesona pantai pasir putih yang menawan. Air lautnya pun biru jernih. Di sekitar pantai masih banyak pohon-pohon rimbun yang menambah sejuknya pemandangan di Pantai Laguna. Dengan view yang cantik, dijamin bakal bikin kamu betah berlama-lama di sini.

Ombak di sekitar Pantai Laguna tidak terlalu besar sehingga aman untuk aktivitas berenang dan bermain air. Agak menjauh dari garis pantai, ada beberapa spot yang ombaknya cukup tinggi. Namun, ketinggiannya sangat bagus dan aman untuk aktivitas berselancar. Cocok untuk kamu yang suka memacu adrenalin!

Di Pantai Laguna kamu juga bisa melihat aktivitas nelayan setempat yang sedang memancing gurita. Bahkan, kamu juga bisa mencobanya sendiri, lho! Nikmati keseruan dan pengalaman unik dengan memancing gurita di sela-sela berbatuan karang.

BACA JUGA:Libur Natal dan Tahun, Ini Daftar Objek Wisata di Kaur yang Menarik Dikunjungi

Untuk kamu yang masih betah berlama-lama di Pantai Laguna, pengelola menyediakan penginapan. Penginapannya berada dekat dengan pantai dan view-nya menghadap ke arah laut. Harga penginapan di Pantai Laguna mulai dari Rp200.000,00-an per malamnya. Pastinya asyik sekali menghabiskan malam di pantai, ya.

Jangan khawatir dengan fasilitas di Pantai Laguna. Pengelola pantai ini sudah menyediakan fasilitas umum yang memadai. Mulai dari toilet umum, musala, warung makan, gazebo, spot foto yang eye-catching, dan area parkir yang sangat luas.

Pantai Cukoh Bintuhan
Pantai ini berada di Desa Bandar, Kecamatan Kaur Selatan Kabupaten Kaur. Banyak yang menyebut Pantai Cukoh Bintuhan sebagai surga tersembunyi di Kabupaten Kaur. Awalnya, pantai ini belum sepopuler pantai lainnya.

Namun, sejak masuk dalam Nominasi Anugerah Pariwisata Indonesia pada 2019 lalu, Pantai Cukoh mulai banyak dikunjungi wisatawan. Pantai Cukoh Bintuhan cocok dikunjungi bersama keluarga. Ombak di sekitar pantai ini tidak terlalu besar sehingga aman untuk anak-anak yang ingin berenang dan bermain air.

Selain itu, dari segi pemandangannya pun memang sangat indah. Dijamin betah berlama-lama melepas penat di pantai ini. Air lautnya jernih dan bergradasi biru kehijauan. Di beberapa titik, kamu bisa snorkeling untuk menikmati keindahan alam bawah lautnya.

Di area pantainya, kamu bisa bermain pasir dan mengumpulkan kerang hias. Nah, yang menarik, ada beberapa batu karang yang menghiasi area pantai. Batu karang ini bisa dijadikan spot untuk duduk santai menikmati pemandangan, atau spot berfoto yang keren!

Kalau tertarik berkunjung ke pantai ini, kamu bisa datang sejak pagi hari. Tidak perlu khawatir dengan terik matahari. Di Pantai Cukoh Bintuhan banyak sekali pohon kelapa yang tumbuh rapat sehingga suasananya teduh. Asyik untuk piknik bersama keluarga.

Pantai Air Langkap
Berada di Desa Pajar Bulan, Kabupaten Kaur, Pantai Air Langkap adalah destinasi wisata pantai yang populer di Kabupaten Kaur. Suasananya tenang dan pemandangannya alami. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih kecoklatan. Air lautnya biru jernih.

Ombak yang tidak terlalu besar membuat pantai ini nyaman untuk aktivitas berenang. Ada banyak gugusan batu karang di pantainya sehingga terlihat eksotis. Gugusan batu karang ini menjadi spot terbaik untuk para pencinta fotografi, terutama saat mahatari terbenam.

Piknik bersama keluarga juga seru untuk dilakukan di Pantai Air Langkap. Ada area lapang berumput yang cukup luas tidak jauh dari bibir pantai. Pohon-pohon kelapa tumbuh cukup rapat di sekitarnya sehingga suasananya teduh. Makin asyik kalau kamu sembari bakar-bakar ikan. Ikannya pun bisa kamu pancing langsung dari laut. Ada spot memancing yang bagus di Pantai Air Langkap.

Untuk menuju ke pantai ini dari jalan utamanya belum ada akses masuk untuk mobil. Jalannya hanya bisa dilalui dengan sepeda motor. Atau, kamu bisa berjalan kaki kurang lebih 1 km untuk masuk sampai ke area pantai. Fasilitas di Pantai Air Langkap masih minim. Belum ada musala, warung jajanan, ataupun toilet yang memadai. Jadi, pastikan kamu membawa bekal dan perlengkapan yang cukup saat berwisata ke Pantai Air Langkap.

Pantai Pelak
Pantai ini berada di Desa Pasar Lama, Kecamatan Kaur Selatan Kabupaten Kaur. Suasana tenang dengan bentang alam yang memikat bisa kamu dapatkan di Pantai Pelak.

Tempat yang menyenangkan untuk melepas kepenatan. Pantai ini ditutupi hamparan pasir putih. Air lautnya jernih kebiruan. Di sepanjang pinggiran pantainya banyak pepohonan sehingga nyaman untuk berteduh. Asyik sekali untuk tempat rekreasi bersama keluarga maupun teman-teman terdekatmu.

Ombak yang tidak terlalu besar di dekat pantai memungkinkan untuk aktivitas berenang dan bermain air. Di spot tertentu, ketinggian ombaknya sangat bagus untuk berselancar (surfing). Bagi penggemar aktivitas memancing, pantai ini juga memiliki spot terbaik.

Di Pantai Pelak banyak perahu-perahu nelayan yang bersandar. Ini menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan, untuk menjadi latar berfoto pun sangat khas dan instagrammable sekali. Tidak jauh dari Pantai Pelak, ada tempat pelelangan ikan. Kamu bisa membeli berbagai jenis ikan laut segar seperti tongkol dan tuna dengan harga terjangkau. Nantinya, ikan-ikan tersebut bisa kamu bakar langsung di tepi pantai sembari piknik, atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Air Terjun Dalam Goa
Wisata alam air terjun dalam goa ini berada di Desa Ulak Bandung Kecamatan Muara Sahung Kabupaten Kaur. Objek wisata ini menawarkan dua keindahan alam sekaligus. Pertama keindahan goa yang dilengkapi dengan stalagtit dan stalagmit. Kemudian keindahan air terjun yang berada pada bagian ujung goa.

Air terjunnya sangat jernih dengan ketinggian antara 7 meter sampai  9 meter. Air itu jatuh dari lubang melingkar yang memiliki lebar sekitar 3 meter di atas goa. Kemudian jatuh ke dasar goa yang dipenuhi material bebatuan.
Berjarak sekitar 300 meter dari objek wisata air terjun dalam goa ini terdapat habitat bunga Rafflesia Arnoldi.

Objek wisata air terjun dalam goa ini berada di hutan produksi terbatas wilayah Desa Ulak Bandung.
Untuk mencapai kawasan itu, pengunjung bisa menaiki sepeda motor. Anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Ulak Bandung menyediakan jasa ojek sepeda motor. Sewa satu unit sepeda motor ojek lengkap dengan jokinya cukup dengan merogoh kocek Rp75 ribu.

Jika ingin dipandu saat memasuki goa, anggota Pokdarwis Desa Ulak Bandung juga bersedia memandu. Sebagai imbalan cukup memberikan upah lela saja. Tidak ada tarif khusus yang ditetapkan. Jarak antara pemukiman penduduk dengan air terjun dalam goa ini sekitar 1,5 kilometer. Jalan yang dilalui rabat beton. Kemudian melewati hamparan sawah. Setelah itu dilanjutkan dengan jalan tanah tetapi sudah digusur menggunakan alat berat.

Lebar mulut goa memiliki diametersekitar 2,5 meter. Ruangan sempit ini panjangnya sekitar 15 meter. Di sisi kiri kanan dan bagian atas goa terdapat stalaktit dan stalakmit. Setelah itu pengunjung akan menemui bagian goa yang luas dan berbentuk ruangan. Dengan luas sekitar 30 meter. Pada bagian atas goa ini ada lobang lebarnya sekitar 3 meter. Nah dari lobang inilah air terjun jatuh ke dalam goa. Lewat lobang air terjun ini juga sinar matahari masuk. Objek wisata ini sudah pernah didatangi wisatawan dari Negara Cina dan Prancis.

Pantai Pasar Bawah
Pantai Pasar Bawah merupakan salah satu icon wisata di Bengkulu Selatan Provinsi Bengkulu. Berlokasi tidak jauh dari pusat kota Manna yaitu Ibu Kota Bengkulu Selatan, membuat wisata ini mudah dijangkau oleh pengunjung. Mengadirkan panorama yang indah serta banyak spot foto yang bagus menjadi daya tarik bagi para pengunjung.

Wisata Alam Sekunyit
Berlokasi di Dusun Suka Mulia, Desa Pagar Dewa, Kecamatan Kota Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan. Wisata ini banyak dikunjungi masyarakat terlebih pada sore hari. Selain menhadirkan wisata pantai, disini juga terdapat barbagai fasilitas untuk bersantai dan tempat makan. Dan juga terdapat layaknya sebuah kastil/istana yang menjadi spot foto favorit pengunjung.

Taman Merdeka
Terletak dipusat Kota Manna menjadikan taman ini banyak dikunjugi masyarakat, terlebih pada sore hingga malam hari. Di taman ini juga banyak terdapat orang yang berjualan makanan dan minuman, sehingga jika teman-teman kesini hati-hati jangan sampai kalap jajan yaa.

Lubuk Langkap
Menempuh perjalanan sekitar satu jam dari Kota Manna wisata ini menawarkan pemandangan alam yang indah. Di wisata ini terdapat sungai yang jernih dan sejuk. Pengunjung bisa berenang dan menyelam. Dilokasi ini juga tersedia permainan Playing Fox.

Batu Balai
Berlokasi di Desa Sukarami, Kabupaten Bengkulu Selatan. Wisata ini menjadi salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi masyarakat terlebih saat hari libur. Dengan merogoh kocek yang terjangkau kalian sudah bisa menikmati wisata ini.

Tebat Rukis
Menyajikan ketenangan dan tepat bersebalahan dengan Masjid Rukis. Tempat ini merupakan tempat wisata yang menarik. Karena di tempat ini terdapat sebuah jembatan dan di jembatan ini menjadi salah satu spot foto favorit para pengunjung.

Coconut Beach
Coconut Beach atau pantai kelapa merupakan pantai yang terletak di Desa Terulung, Kecamatan Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan. Pantai ini baru diresmikan oleh Bupati Bengkulu Selatan ditahun 2022 ini. Diberi nama coconut beach atau pantai kelapa dikarenakan di pantai ini terdapat banyak pohon kelapa.

Sepit Kancing
Bagi kalian penggemar wisata alam jangan lupa mampir ke wisata ini. Disini kalian akan disuguhkan pemandangan alamnya yang sejuk nan indah. Juga airnya yang sejuk dan dingin yang membentuk seperti kolam menjadikan lokasi ini cocok untuk kalian yang ingin berenang di alam terbuka. Objek wisata ini berada di wilayah Desa Sukarami Kecamatan Air Nipis Kabupaten Bengkulu Selatan.

Meriam Honisuit
Buat kalian yang suka dengan wisata sejarah, di Bengkulu Selatan juga ada loh. Meriam Honisuit merupakan senjata buatan Inggris yang dibawa oleh Jepang saat menjajah di Bengkulu Selatan. Meriam ini berlokasi di Pagar Dewa, Kecamatan Kota Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan didekat kantor Bupati Bengkulu Selatan. Ini menjadi wisata sejarah yang cukup banyak dikunjugi masyarakat.

Air Terjun Geluguran
Lokasi berada di Desa Kayu Ajaran Kecamatan Ulu Manna. Akses untuk menuju ke lokasi wisata alam ini juga tidak terlalu sulit dijangkau. Para pengunjung akan melewati jalur beraspal dengan perjalanan kurang lebih memakan waktu sekitar 45 menit dari Kota Manna. Lokasi air terjun ini juga mudah untuk dijangkau dengan kendaran roda dua maupun roda empat, karena berada di pinggir jalan lintas Manna – Pagar Alam, Provinsi Sumatera Selatan.

Arung Jeram Sungai AIr Manna
Objek wisata Arung Jeram ini di Desa Air Tenam Kecamatan Ulu Kabupaten Bengkulu Selatan Provinsi Bengkulu. Objek wisata ini sudah dikenal luas. Arus sungai Manna yang deras mampu memacu adrenalin. Bagi pecinta olahraga dan wisata arung jeram belum sempurna jika belum menjajal arung jeram Sungai Manna Provinsi Bengkulu.

Sumber: berbagai sumber