Warga Kaur Temukan Ladang Minyak di Bukit Raje Mandare, Potensi Minyaknya Cukup Besar, Sayangnya...

Warga Kaur Temukan Ladang Minyak di Bukit Raje Mandare, Potensi Minyaknya Cukup Besar, Sayangnya...

Warga Kaur mengambil sampel temuan ladang minyak di Kecamatan Padang Guci Hulu pada bulan Desember tahun 2022-dok-raselnews.com

KAUR, RASELNEWS.COM - Masih ingat dengan peristiwa penemuan ladang minyak di kawasan hutan Bukit Raje Mandare oleh warga Kabupaten KAUR tahun lalu?.

Kabar terbaru ladang minyak yang ditemukan tiga warga Kabupaten KAUR, Bengkulu, di tengah hutan kawasan Bukit Raje Mandare Desa Bungin Tambun II Kecamatan Padang Guci Hulu Kabupaten KAUR itu belum dikelola.

Sejauh ini belum ada pihak pemerintah ataupun calon investor datang untuk melakukan survey ke lokasi penemuan ladang minyak tersebut.

BACA JUGA:Diduga Korupsi, Mantan Sekretaris Bawaslu Kaur Dituntut 42 Bulan Penjara, Bendahara 24 Bulan

Padahal warga dan Kepala Desa Bungin Tambun II Kecamatan Padang Guci Hulu, Sirpianto mengaku siap membantu dan memfasilitasi jika ada pihak pemerintah atau pihak manapun yang ingin melakukan survey di lokasi ladang minyak tersebut.

Padahal, kata kades berdasarkan keterangan tiga warganya yang menemukan ladang minyak tersebut, kemungkinan potensi cadangan minyak bumi di lokasi itu cukup besar.

Karena minyak mengalir secara alami keluar dari perut bumi bersama air.

BACA JUGA:1 Ton Ikan Digondol Maling, Warga Tanggo Raso Rugi Puluhan Juta

Namun untuk memastikan berapa besar minyak mentah yang terkandung di dalam dasar bukit Raje Mandare tersebut harus melalui penelitian melibatkan tim ahli.

Kades berharap ladang minyak tersebut dapat dikelola dan bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

"Kami siap membantu jika ada pihak yang ingin melakukan survey ke lokasi ladang minyak tersebut," kata Kades seperti dikutip Raselnews.com belum lama ini.

BACA JUGA:Pendaftaran PPPK Damkar 2023 Ditutup Besok, Buruan, Cek Linknya di Sini

Seperti dikutip Raselnew.com, pada awal bulan Desember tahun 2022 lalu tiga warga Desa Bungin Tambun II Kecamatan Padang Guci Hulu menyusuri hutan kawasan Bukit Raje Mandare dan secara tidak sengaja mereka menemukan ladang minyak.

Penemuan itu diabadikan dalam video yang kemudian beredar melalui pesan berantai medsos.

Video tersebut berdurasi 2:23 detik yang sengaja direkam saat salah seorang warga sedang mengambil minyak mentah di atas permukan air, mirip kubangan di tengah belantara hutan.

BACA JUGA:Remaja 15 Tahun Disergap Ayah Saat Mandi, Tersangka: Sudah 5 Kali Pak...

Belum diketahui persis titik koordinat lokasi pengambilan minyak mentah itu.

Hanya saja dari penjelasan ketiga warga dalam video, titik penemuan ladang minyak berada di kawasan Desa Bungin Tambun II.

Dalam rekaman singkat itu dijelaskan warga yang mengambil sampel minyak bernama Rinto Arahap. Rinto ditemani rekannya Disus. Ketiganya sengaja merekam penemuan minyak mentah itu.

"Ini baunya ada dua macam seperti bau minyak bumi (minyak tanah) dan juga bau solar juga ada," ujar sang pria yang merekam video.

BACA JUGA:Satpol PP BS Tangkap 4 Sapi dan 2 Kambing, Pemilik Dijerat Perda 09?

Dikonfirmasi terkait rekaman itu, Kades Bungin Tambun II Kecamatan Padang Guci Hulu, Sirpianto membenarkan tiga warga yang dalam video tersebut adalah warganya.

Kemudian pria dalam video itu membawa pulang cairan yang diduga minyak untuk menjadi sample. Sempat dilakukan uji coba dengan cara dibakar. Hasilnya? benar-benar terbakar.

"Lokasinya jauh saya juga belum pernah kesana, tapi bisa ditempuh setengah perjalanan menggunakan motor sisanya harus jalan kaki," terang kades. (**)

Sumber: laporan wartawan raselnews.com