Cacam, 25 Persen Penduduk Bengkulu Hanya Tamat SD, Terbanyak di...

Cacam, 25 Persen Penduduk Bengkulu Hanya Tamat SD, Terbanyak di...

Ilustrasi lulusan sekolah-istimewa-pexels.com

BENGKULU, RASELNEWS.COM - Masyarakat Provinsi BENGKULU yang berusia di atas 15 tahun ternyata masih banyak yang hanya berpendidikan tamat Sekolah Dasar (SD).

Berdasarkan Hasil Long Form Sensus Penduduk Penduduk (SP) Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu tahun 2020 tercatat warga bengkulu berusia di atas 15 tahun yang hanya tamat SD sebanyak 25,09 persen.

BACA JUGA:2 Tahun BSI, Laba Tumbuh Impresif 40,68% Capai Rp4,26 Triliun

Tamat Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat 31,62 persen. Sedangkan penduduk yang mengantongi ijazah perguruan tinggi hanya 11,51 persen.

Statistik Ahli Madya BPS provinsi Bengkulu, Budi Kurniawan mengatakan, penduduk perkotaan masyoritas tamat SMA sederajat. Sedangkan masyarakat yang hanya tamat sekolah dasar rerata berada di pedesaan.

BACA JUGA:Bonus Bagi Guru, Kejar Sertifikasi Melalui RPL Hanya Perlu Ikuti Ujian Akhir

"Hal ini perlu menjadi perhatian bersama bersinergi untuk membantu anak - anak mendapatkan layanan pendidikan yang berkualitas," kata Budi.

Jika dilihat menurut generasi, terjadi perbedaan yang cukup tajam. Di mana generasi baby Boomer dan Generasi X mayoritas adalah lulusaN SD sederajat. Sedangkan generasi milenial mayoritas lulusan SMA/sederajat.

BACA JUGA:Baznas Diminta Bekerja Profesional dan Transparan

Dia menambahkan, di pedesaan, penduduk yang tidak atau belum pernah sekolah sebanyak 3,88 persen, tidak tamat SD sebesar 8,47 persen dan wiilayah perkotaan yang tidak atau belum pernah sekolah sebanyak 1,67 persen dan tidak tamat SD sebesar 3,83 persen.

BACA JUGA:Tahun 2023, Pemkab Bengkulu Selatan Miliki 214 Kegiatan, Terbanyak Pendidikan dan Kesehatan

"Sebagian besar penduduk yang tamatan SD di wilayah pedesaan sebesar 30 persen, dan wilayah perkotaan 13 persen," ujarnya.

Dari hasil sensus juga menyebutkan jumlah penduduk Provinsi Bengkulu pada Juni 2022 sebesar 2.060.092 orang.

BACA JUGA:Maksimalkan Perekaman Data E-KTP, Disdukcapil Kembali Sambangi Sekolah

Sumber: