Siap-siap! Pendaftaran Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) 2023 untuk Guru Madrasah Dibuka

Siap-siap! Pendaftaran Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) 2023 untuk Guru Madrasah Dibuka

Ilustrasi penerima beasiswa BIB dari Kemenag RI-istimewa-raselnews.com

JAKARTA, RASELNEWS.COM - Kementerian Agama (Kemenag) RI resmi mengumumkan perihal pendaftaran Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) 2023, bagi mereka yang ingin mengembangkan karier, pengalaman, dan jaringan kampus di dalam dan luar negeri.

BACA JUGA:Kabar Baik! Beasiswa PIP 2023 Naik: Cair 1 April, Cek di pip.kemdikbud.go.id

Program yang merupakan kolaborasi antara Kemenag dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) ini akan dibuka bulan ini atau April 2023

Pendaftaran BIB 2023 untuk guru madrasah akan dibuka pada minggu kedua bulan April 2023.

BACA JUGA:Akbid Manna Gratiskan Biaya Kuliah, UMB Bakal Beri Beasiswa untuk Warga Seluma

Saat ini tengah dilakukan finalisasi terkait pedoman beasiswa yang mencakup biaya, kriteria pemilihan perguruan tinggi, persyaratan penerima, dan jenis beasiswa yang akan dibuka berdasarkan standar dari LPDP.

Ruchman Basori, selaku Ketua Project Management Unit (PMU) BIB Kemenag, mengaku, anggaran BIB 2023 mencapai Rp648 miliar.

BACA JUGA:Pemda Bengkulu Selatan Siapkan Beasiswa Khusus Anak Kurang Mampu

"BIB diarahkan kepada mereka yang mengabdi di lembaga pendidikan Kementerian Agama untuk melanjutkan studi S1, S2 atau S3," ujar Ruchman Basori.

Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) 2023 ebagai bentuk nyata menyiapkan pemimpin, pendidik, dan profesional masa depan serta mendorong inovasi demi terwujudnya Indonesia yang rukun dan harmonis, serta menuju kualitas sumber daya manusia yang memiliki daya saing tinggi, bukan hanya pada skala lokal, namun juga skala regional bahkan internasional.

BACA JUGA:20 Ribu Siswa di Bengkulu Selatan Bakal Terima Beasiswa PIP

Di tahun 2023, BIB akan dialokasikan untuk beasiswa non degree.

Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) 2023 mencakup Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan untuk 11.000 orang, PPG Pra Jabatan 500 orang, Sertifikasi Dosen 2.500 orang, program Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula (PKDP), Pelatihan Moderasi Beragama, dan lainnya. (**)

Sumber: