SETARA Institute: Kota Singkawang Paling Toleran, Cilegon Tidak Toleran, Nih Penyebabnya

SETARA Institute: Kota Singkawang Paling Toleran, Cilegon Tidak Toleran, Nih Penyebabnya

salah satu sudut Kota Cilegon-istimewa-raselnews.com

JAKARTA, RASELNEWS.COM - Kota yang paling toleran di Indonesia diraih Singkawang. Kota yang berada di Provinsi Kalimantan Barat. 

Sementara kota yang paling tidak toleran adalah Cilegon, yang berada di Provinsi Banten. Hal ini berdasarkan laporan Indeks Kota Toleran (IKT) 2022 yang dilakukan SETARA Institute

BACA JUGA:Sepuluh Kota Tersepi di Indonesia, Empat Berada di Sumatera, Nomor Satu di Aceh

Apa itu toleran? Toleran atau toleransi menurut KBBI, toleransi adalah sifat atau sikap toleran.

Adapun makna dari toleran sendiri adalah bersifat atau bersikap menenggang (menghargai, membiarkan, membolehkan) pendirian (pendapat, pandangan, kepercayaan, kebiasaan, kelakuan, dan sebagainya) yang berbeda atau bertentangan dengan pendirian sendiri.

BACA JUGA:Viral Siswi SMP Bengkulu Selatan Rekam Diri Tanpa Busana

Jika dikaji aspek historisnya, toleransi diyakini berasal dari bahasa latin yakni tolerare atau ‘menahan diri bersikap sabar, membiarkan orang lain berpendapat lain, dan berhati lapang terhadap orang-orang yang berbeda pendapat.

Dari laporan SETARA Institute, ada 10 kota yang meraih skor toleransi paling tinggi dari 94 kota yang menjadi objek kajian.

BACA JUGA:Kemendikbudristek Pastikan Guru Honorer P1 Diangkat ASN 2023, Provinsi Jawa Barat Merapat!

Ada 4 variabel dengan 8 indikator dalam kajian ini Antara lain, regulasi pemerintah, regulasi sosial, tindakan pemerintah, dan demografi sosio keagamaan.

Dari variabel dan indikator inilah, SETARA Institute menetapkan Kota Singkawangsebagai kota paling toleran di Indonesia versi SETARA Institute dengan skor 6,583.

BACA JUGA:Kabar Baik! 10.022 Warga Kaur Bakal Terima Bansos Beras Cadangan

Bukan hanya di tahun 2022, Singkawang di tahun 2021 juga meraih predikat yang sama sebagai kota paling toleran dengan skor 6,483.

Berikut 10 kota di Indonesia paling toleran versi SETARA Institute:

1. Singkawang, Kalimantan Barat, skor 6,583

2. Salatiga, Jawa Tengah, skor 6,417

BACA JUGA:Bupati Kaur: Jadikan Alquran Pedoman Hidup

Sumber: