Seruu nih...Warga Nanjungan Bengkulu Selatan Panen Ikan Massal Hari Ini

Seruu nih...Warga Nanjungan Bengkulu Selatan Panen Ikan Massal Hari Ini

ilustrasi warga panen ikan-istimewa-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Dijadwalkan hari ini, Sabtu (5/5/2023) warga Desa Nanjungan Kecamatan Pino Raya, BENGKULU SELATAN akan memanen ikan secara massal di kolam milik desa atau disebut dengan “Tebat Baghu”.

Pemanenan ikan serentak ini merupakan kali pertama di tahun 2023 pasca dipanen pada pertengahan 2022 lalu.

BACA JUGA:5 Jenis Makanan Mengandung Racun Mematikan, Nomor 1 Bikin Kaget

Kades Nanjungan, Bambang Herawanto, SE mengaku Tebat Baghu sendiri merupakan kolam warisan nenek moyang warga desanya. Kolam ini sudah terbentuk ratusan tahun silam atau sebelum masa kemerdekaan.

“Insyaallah besok dilakukan panen ikan massal di Tebat Baghu. Pemanenan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi ikan masyarakat karena kolam ini memang milik desa,” ujarnya.

BACA JUGA:Setelah Tokopedia, Giliran Shopee Naikan Biaya Layanan

Dijelaskan Bambang, banyak jenis ikan di kolam peninggalan nenek moyang tersebut. Mulai ikan gabus, ikan lele, ikan sepat, ikan nila dan belut.

Namun, beberapa waktu lalu Pemdes melalui anggaran dana desa (DD) telah menebar ribuan bibit nila untuk menopang jumlah ikan di kolam tersebut.

BACA JUGA:Duh...Benih Ikan Nila Produksi BBI Kedurang Bengkulu Selatan Tak Diminati Peternak Lokal

“Semua warga Desa Nanjungan kami persilahkan untuk datang. Lakukan pemanenan ikan dengan gotong royong dan tertib. Sebab, pemanenan ikan massal ini juga sebagai sarana peningkatan persatuan masyarakat,” terangnya.

BACA JUGA:Di Bengkulu Selatan, Harga Ikan Air Tawar Naik, Daging Sapi dan Kerbau Stabil

Jika dilihat dari luasnya kolam dan pernah ditebar bibit, maka ikan yang akan dipanen diprediksi akan banyak. “Kolam ini sudah seperti danau saking luasnya. Jadi kalau semua ikan berhasil ditangkap tentu hasilnya banyak,” demikian Bambang. (rzn)

Sumber: