Ibadah Biasa Saja, Tetapi Nama Lelaki Ini 3 Kali Disebut Rasulullah Sebagai Penghuni Surga, Apa Amalannya?

Ibadah Biasa Saja, Tetapi Nama Lelaki Ini 3 Kali Disebut Rasulullah Sebagai Penghuni Surga, Apa Amalannya?

ilustrasi surga-Istimewa-raselnews.com

Mereka melihat seorang laki-laki Anshar dengan wajah basah yang sedang mengambil air wudhu sambil membawa sepasang sandal jepit.

Pada hari berikutnya, Nabi Muhammad SAW mengatakan hal yang sama dan laki-laki tersebut muncul lagi di hadapan para sahabat. Hal ini terulang untuk ketiga kalinya.

Salah satu sahabat, yaitu Abdullah bin Amr bin Ash, merasa penasaran dan ingin mengetahui amalan apa yang membuat laki-laki Anshar tersebut dijamin masuk surga.

BACA JUGA:Masya Allah, Zikir Pendek Ini Diganjar Mati Syahid, Selamat Siksa Kubur, dan Dimudahkan Meniti Shirath

Abdullah bin Amr bin Ash meminta izin kepada laki-laki Anshar tersebut untuk menginap di rumahnya selama tiga hari.

Selama menginap, Abdullah bin Amr bin Ash tidak menemukan sesuatu yang istimewa dari amalan laki-laki Anshar tersebut.

Ibadah yang dilakukan oleh laki-laki Anshar tersebut tergolong biasa saja. Dia tidak pernah menjalankan shalat tahajud atau ibadah puasa sunnah.

BACA JUGA:214 Rumah Ibadah di Bengkulu Diberi Bantuan Uang Tunai

Abdullah hanya melihat ibadah si laki-laki yang biasa, hanya menjalankan ibadah wajib saja. Di sepertiga malam, pria itu tak pernah bangun salat Tahajud.

Meski Abdullah bin Amr selalu mendengar laki-laki itu berzikir dan bertakbir acap kali terjaga dari tidur, pria itu baru bangun saat waktu salat subuh tiba.

Luput dari salat malam, pria penghuni surga itu pun tak menjalankan puasa sunnah. Namun, Abdullah juga tak pernah mendengar pria itu berbicara, kecuali ucapan yang baik.

BACA JUGA:Bak Sarang Hatu, Ratusan Rumah Dinas Guru Terbengkalai, Tahun Depan Batu Diusulkan Rehab 10 Unit

Tiga hari terlewat tanpa menemukan jawaban apa pun. Bahkan, hampir saja Abdullah meremehkan amalan si penghuni surga jika tak mendapat jawaban sebelum pamit.

Ketika izin pulang setelah menginap tiga hari, Abdullah mengakui maksudnya untuk mencari keutamaan amalan si laki-laki itu hingga beruntung menjadi salah satu penghuni surga Allah yang dipenuhi segala kenikmatan.

Kepada pria itu Abdullah berkata, “Wahai hamba Allah, sesungguhnya tidak pernah terjadi pertengkaran antara aku dan ayahku.

BACA JUGA:Warga Bengkulu Harus Bersabar, Musim Kemarau masih Panjang, BMKG Prediksi Puncak Kemarau Pada Juli

Tujuanku menginap di rumahmu adalah karena aku ingin tahu amalan yang membuatmu menjadi penghuni surga, sebagaimana yang disabdakan Rasulullah.

Aku bermaksud dengan melihat amalanmu itu aku akan menirunya supaya bisa menjadi sepertimu.

Tapi, ternyata kau tidak terlalu banyak beramal kebaikan. Apakah sebenarnya hingga kau mampu mencapai sesuatu yang dikatakan Rasulullah sebagai penghuni surga?” tanyanya.

BACA JUGA:Masya Allah, Bukan Hanya Diampuni Dosa, Berikut Pahala Istri yang 'Minta' Duluan Kepada Suami

Laki-laki itu pun tersenyum dan menjawab ringan, “Aku tidak memiliki amalan, kecuali semua yang telah engkau lihat selama tiga hari ini.” Jawabannya itu tak memuaskan hati Abdullah ibn Amr.

Namun, ketika Abdullah melangkah keluar dari rumah, laki-laki tersebut memanggilnya.

Sumber: