7 Bahasa Daerah yang Populer Digunakan Masyarakat Indonesia

 7 Bahasa Daerah yang Populer Digunakan Masyarakat Indonesia

7 Bahasa Daerah yang Populer Digunakan Masyarakat Indonesia-istimewa-freepik.com

Dialek Koto Baru dituturkan di Kabupaten Dhamasraya. Dialek Pancung Soal dituturkan di Pesisir Selatan.

Dari 5 dialek, dialek Agam-Tanah Datar merupakan dialek dengan jumlah penutur terbanyak dan memiliki sebaran geografis yang terluas. Dialek ini digunakan sebagai bahasa Minangkabau umum di pusat kota Sumatera Barat.

5. Bahasa Madura

Bahasa Madura banyak digunakan di berbagai wilayah di Indonesia, terutama di Pulau Madura, Probolinggo, dan sekitarnya. Bahasa Madura di Jawa Timur terdiri atas dua dialek, yaitu (1) dialek Pulau Madura dan (2) dialek Pulau Bawean dengan persentase perbedaan sebesar 53%.

BACA JUGA:Terancam Hilang Bahasa Daerah Dibengkulu Kembali Digalakkan

Daerah sebaran geografis penutur dialek Pulau Madura tersebar di Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Malang, Jember, Situbondo, Bondowoso, Pasuruan, dan Banyuwangi, sedangkan dialek Bawean hanya dituturkan di Kecamatan Sangkapura dan Tambak, Pulau Bawean.

6. Bahasa Sunda

Bahasa Sunda umumnya digunakan oleh penduduk Jawa Barat, tetapi juga menyebar dan digunakan di berbagai wilayah di Indonesia, misalnya di Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Lampung, Bengkulu, dan Sulawesi Utara.

Berdasarkan hasil penghitungan dialektometri, isolek Sunda di wilayah Jawa Barat terbagi ke dalam dua dialek, yaitu (1) dialek (h) dan (2) dialek non-(h).Persentase perbedaan antara kedua dialek itu 60%.

BACA JUGA:RUU ASN Disahkan! MenPAN-RB Tegaskan Daerah Ini Bakal Lebih Mudah Dapat ASN

Dialek (h) dituturkan hampir di seluruh wilayah Provinsi Jawa Barat (kecuali wilayah pesisir utara), antara lain Majalengka, Bogor, Tasikmalaya, Kuningan, Bekasi, Garut, Ciamis, Sukabumi, Subang, Purwakarta, Sumedang, Cianjur, Karawang, Bandung, Bandung Barat, dan Cirebon.

Dialek ini merupakan dialek standar karena. Berbeda halnya dengan dialek non-(h) yang dituturkan oleh masyarakat di Desa Pareangirang, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu, dialek ini tidak merealisasikan bunyi (h) di segala posisi.

7. Bahasa Jawa

Bahasa Jawa tidak hanya digunakan di Jawa Tengah dan Timur, tetapi juga oleh komunitas Jawa di luar negeri, seperti di Singapura, Suriname, Malaysia, dan Kaledonia Baru.

BACA JUGA:RUU ASN Disahkan! MenPAN-RB Tegaskan Daerah Ini Bakal Lebih Mudah Dapat ASN

Bahasa Jawa terbagi menjadi beberapa tingkatan, antara lain Krama, Madya, dan Ngoko.

Demikianlah ulasan tentang 7 bahasa daerah yang paling sering atau populer digunakan di masyarakat Indonesia. Dari 7 bahasa tersebut, bahasa daerah mana yang sudah Anda kuasai? (red)

Sumber: