Pencermatan DCS Anggota DPRD Bengkulu Selatan: 2 Bacaleg Dicoret, 7 Diganti, Ada 'Naik Tahta'

Pencermatan DCS Anggota DPRD Bengkulu Selatan: 2 Bacaleg Dicoret, 7 Diganti, Ada 'Naik Tahta'

Parpol Peserta Pemilu 2024 di Bengkulu Selatan-andri irawan-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Daftar Calon Sementara (DCS) Anggota DPRD BENGKULU SELATAN di Pemilu 2024 dipastikan berubah.

Dalam tahapan pencermatan daftar calon sementara (DCS) yang berlangsung sejak 24 September hingga 3 Oktober 2023, KPU Bengkulu Selatan memastikan ada 2 bacaleg dicoret dan 7 bacaleg diganti oleh partai masing-masing.

BACA JUGA:DPT Pemilu Bengkulu Ditetapkan, Jumlah Pemilih Capai 1,4 Juta Jiwa, Ini Rinciannya

Bukan hanya itu, ada pula bacaleg yang pindah dapil hingga 'naik tahta' alias  berganti nomor urut. "Total bacaleg ada 315 atau berkurang 2 setelah dicoret atau dihapus oleh partai masing-masing," sebut Divisi Teknis KPU Bengkulu Selatan, Edvan Diansari SE kepada Raselnews.com.

Dua bacaleg yang dicoret sebut Edvan yakni Syahri Agustian dari Partai Gerindra dan Putri Yunita dari Partai Gelora. "Mengapa dicoret, kami tidak tahu. Itukan haknya partai," singkat Edvan.

BACA JUGA:Jelang Pemilu 2024, Bendahara DPD PAN Bengkulu Selatan Mundur, Ternyata Ini Penyebabnya

Sementara 7 bacaleg yang diganti dilatarbelakangi beberapa sebab. Misalnya meninggal dunia, mengundurkan diri, dan pindah ke parpol lain.

"Memang masa pencermatan itu merupakan ruang dimana parpol untuk mengganti, mencoret, ataupun mengurangi bacalegnya. Yang tidak bisa menambah. Masa pencermatan itu berakhir Selasa (3/10/2023) pukul 23.59 WIB, "jelas Edvan. 

BACA JUGA: Larangan ASN di Medsos Selama Pemilu 2024: Like, Komen, Share dan Foto Bareng

Diantara pergantian 7 bacaleg misalnya Muhadjirin yang awalnya di Partai Demokrat pindah ke Partai Golkar menggantikan Tahiruddin R yang meninggal dunia. Posisi Mujadjirin di Partai Demokrat digantikan Yaumil Hajil Akbar.

Lain itu, H Nurmansyah Samid, yang awalnya merupakan Bacaleg PAN pindah ke PPP menggantikan Hengky Dwi Purnama. Posisi H Nurmansyah Samid di PAN digantikan Evelen Laurentia.

BACA JUGA:Jelang Pemilu 2024, Ribuan Warga Bengkulu Selatan Belum Rekam Data KTP Elektronik, Ini Rincian Datanya

Berikut Daftar Nama 7 Bacaleg yang Diganti:

1. Partai Golkar: Tahiruddin R digantikan Muhadjirin

Sumber: