Belajar dari Zimbabwe, Negara Terdampak Inflasi Paling Parah, Uang 100 Miliar Dolar Cuma Bisa Beli 3 Telur

Belajar dari Zimbabwe, Negara Terdampak Inflasi Paling Parah, Uang 100 Miliar Dolar Cuma Bisa Beli 3 Telur

Belajar dari Zimbabwe, Negara Terdampak Inflasi Paling Parah, Uang 100 Miliar Dolar Cuma Bisa 3 Beli Telur-istimewa-raselnews.com

Akhirnya terjadilah inflasi. Kenaikan harga yang menggila di Zimbabwe sampai puncaknya harga bahan pokok di negara ini bisa naik dua kali lipat setiap 24 jam.

Zimbabwe merupakan negara terakhir di Afrika yang memperoleh kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Inggris. Negara ini mendapatkan kemerdekaan pada 18 April tahun 1980.

BACA JUGA:Tiga Negara Termiskin di Dunia 2023, Masyarakatnya Hidup Melarat, Untuk Bertahan Hidup Terpaksa Jadi Perompak

Negara berbatasan dengan boswana mozambi Afrika Selatan Zambia dan namibia. Ibukotanya adalah harare yang juga merupakan kota terbesar di negara ini.

Bahasa Inggris menjadi bahasa resmi. Hanya saja bahasa Inggris bukanlah satu-satunya bahasa resmi. Ada 16 bahasa di Zimbabwe.

Karena ini, Zimbabwe pernah mendapat rekor dunia Guinness sebagai negara dengan bahasa resmi yang terbanyak di dunia.

Meski sempat sangat populer karena krisis ekonominya, ada yang patut dibanggakan oleh Zimbabwe.

Negara ini memiliki 5 situs warisan dunia UNESCO yang terdiri dari tiga situs budaya yaitu reruntuhan Khami, monumen nasional Zimbabwe besar, dan perbukitan Matobo, kemudian ditambah dengan dua situs alam berupa air terjun Victoria serta taman nasional Manna Pools.

BACA JUGA:Daftar Harga Mobil Ferrari di Indonesia Tahun 2023, Ada Seharga Puluhan Toyota Alphard Tipe Tertinggi

Reruntuhan Khami adalah kompleks situs berdinding batu yang luas dan pernah menjadi ibukota negara.

Khami dikembangkan antara tahun 1450 dan tahun 1650 yang menurut legenda monumen nasional Zimbabwe Agung adalah ibukota Ratu Syeba.

Zimbabwe juga memiliki danau buatan terluas di dunia bernama Danau ariba yang terletak di perbatasan antara Zimbabwe dan Zambia.

Danau ini memiliki panjang 220 KM dengan lebar 40 km. Kedalaman Danau ini mencapai 318 kaki.  Selain itu Zimbabwe juga merupakan salah satu negara yang paling teredukasi di benua Afrika.

BACA JUGA:Tak Ada Indonesia, Berikut 5 Negara Paling Dekat dengan Tuhan

Berdasarkan data UNESCO Institute of statistik, Zimbabwe merupakan salah satu negara di Benua Afrika yang memiliki tingkat edukasi yang tinggi.

Pada tahun 2015, tingkat literasi di negara ini mencapai 87% yang hal ini menjadikan Zimbabwe sebagai negara ke-9 yang memiliki tingkat literasi yang tertinggi di Afrika. (red)

 

Sumber: