Cara Menghapus Data Pribadi di Aplikasi Pinjol Agar Tidak Disalahgunakan

Cara Menghapus Data Pribadi di Aplikasi Pinjol Agar Tidak Disalahgunakan

Cara Menghapus Data Pribadi di Aplikasi Pinjol Agar Tidak Disalahgunakan-istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM - Jika Anda pernah meminjam uang melalui aplikasi pinjol dan ingin memastikan bahwa data pribadi Anda tidak disalahgunakan, berikut ini langkah-langkah untuk menghapus data pribadi di aplikasi pinjol dengan mudah dan praktis.

Belakangan ini, aplikasi pinjaman online atau pinjol, baik yang legal dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) maupun yang ilegal, semakin populer di masyarakat.

BACA JUGA:OJK Rilis Daftar 101 Pinjol Legal per Oktober 2023

Hanya saja perlu diwaspadai bahwa aplikasi pinjol yang tidak terdaftar resmi di OJK memiliki risiko tinggi. Salah satunya data pribadi peminjam seringkali disalahgunakan untuk tindakan kriminal.

Data pribadi Anda, seperti informasi akses Wifi, foto, media sosial, e-commerce, nomor kontak, internet banking, dan lokasi, bisa disalahgunakan oleh aplikasi pinjol ilegal.

Sebab itulah disarankan untuk menghindari meminjam uang melalui aplikasi pinjaman online yang ilegal demi menghindari penyesalan jangka panjang.

Tetapi jika Anda sudah terlanjur mendaftar namun ingin menghapus data pribadi Anda dari aplikasi pinjol tersebut, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

BACA JUGA:Meski Menunggak, Nasabah Pinjol Ini Aman Dari DC, Ini Alasannya

1. Selesaikan semua kewajiban pembayaran Anda di aplikasi pinjol. Pastikan semua cicilan dan kewajiban pembayaran Anda telah terlunasi agar tidak ada tunggakan yang harus diselesaikan.

2. Hubungi layanan pelanggan aplikasi pinjol yang memberikan pinjaman kepada Anda. Ajukan permohonan penghapusan data pribadi melalui chat, email, atau telepon ke nomor yang tercantum di aplikasi atau situs web pinjol.

Jelaskan secara rinci alasan Anda menginginkan penghapusan data pribadi Anda dan pastikan permohonan tersebut diproses dengan segera.

Penghapusan data KTP di aplikasi pinjol

Untuk menghilangkan jejak informasi pribadi Anda, Anda bisa menghapus data dari aplikasi dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

BACA JUGA:Ribuan Orang Indonesia Terjebak Pinjol Ilegal dan Investasi Bodong, OJK: Begini Cara Membedakan Pinjol Ilegal

- Buka menu pengaturan di HP Anda

- Pilih "Pengaturan Aplikasi"

- Cari aplikasi pinjol dan pilih "Hapus Data dan Cache"

- Selesai

Cara Menghapus aplikasi pinjol dari handphone Anda

Pastikan informasi pribadi Anda tidak dapat diakses dengan menghapus aplikasi secara keseluruhan:

- Buka menu "Pengaturan" di handphone Anda

Sumber: