Apakah Anak Boleh Menggunakan Skincare? Ini Jawabannya, Bunda Wajib Tahu Nih

Apakah Anak Boleh Menggunakan Skincare? Ini Jawabannya, Bunda Wajib Tahu Nih

Apakah Anak Boleh Menggunakan Skincare? Ini Jawabannya-istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM - Bunda harus tahu nih! Anak-Anak ternyata juga memerlukan perhatian khusus dalam merawat kulit mereka, sama seperti yang dibutuhkan oleh orang dewasa.

Banyak orang tua masih merasa bingung tentang kapan sebaiknya anak mulai menggunakan skincare, jenis produk apa yang cocok, dan pada usia berapa sebaiknya anak-anak mulai menggunakan skincare.

BACA JUGA:Tak Perlu Operasi Plastik, Begini Tips Punya Wajah Tirus ala Idol KPop

Pertanyaan-pertanyaan dasar seperti itu sering membuat orang tua merasa penasaran. Mereka juga ingin tahu apakah produk skincare yang tersedia di pasaran sudah aman dan cocok untuk anak-anak.

Pada dasarnya, membersihkan wajah anak-anak memiliki perbedaan dengan kulit orang dewasa. Kulit anak-anak biasanya belum menghasilkan banyak minyak atau sebum seperti kulit orang dewasa.

Menurut informasi dari Verywell Health, perawatan kulit wajah anak sebaiknya dimulai sekitar usia 6-9 tahun.

BACA JUGA:Kenali Tanda Penuaan Dini pada Wajah dan Cara Mengatasinya

Pada umumnya, anak-anak diajarkan untuk membersihkan wajah mereka hanya dengan menggunakan air dan menggunakan produk perawatan kulit yang aman bagi kulit mereka.

Penting untuk membersihkan wajah anak setelah mereka melakukan aktivitas, seperti pulang dari sekolah, bermain, atau keluar rumah. Kemudian, penggunaan pelembap wajah dianjurkan untuk menjaga kulit tetap lembut dan kenyal.

Pelembap juga membantu mengatasi risiko kulit kering yang bisa muncul akibat penggunaan produk skincare.

BACA JUGA:Tak Buat Kantong Bolong! Berikut 5 Rekomendasi Masker Wajah Kulit Berminyak

Ketika anak memasuki masa remaja, disarankan untuk menambahkan serum vitamin C ke dalam rutinitas perawatan mereka untuk melindungi kulit dan membuatnya tampak lebih cerah serta segar.

Tak ketinggalan, penggunaan tabir surya (sunscreen) juga penting sebagai perlindungan dari sinar UV.

Penggunaan rangkaian produk skincare ini dapat membantu mencegah kerusakan pada sel-sel kulit dan mengurangi risiko kanker kulit pada masa remaja. (red)

Sumber: