Selain Lezat, Terong Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan, Penyakit Kronis Ini Tak Berkutik

Selain Lezat, Terong Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan, Penyakit Kronis Ini Tak Berkutik

Selain Lezat, Terong Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan, Penyakit Kronis Ini Tak Berkutik-istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM - Terong adalah sayuran yang unik dengan variasi warna ungu yang menarik.

Sayuran ini dapat diolah dalam berbagai masakan, baik sebagai sayuran tumis maupun dengan cita rasa pedas seperti dalam hidangan balado.

Terong tergolong sebagai sayuran rendah kalori namun kaya akan serat dan nutrisi, memberikan manfaat besar bagi kesehatan dan penyakit kronis ini tak berkutik.

BACA JUGA:Bukan Hanya Buah, Air Rendaman Kurma Saja Baik Bagi Kesehatan, Berikut Manfaatnya

Selain itu, terong juga aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui.

Dilansir Medical News Today, satu porsi terong dapat memenuhi sekitar 5 persen kebutuhan harian seseorang akan serat, tembaga, mangan, vitamin B-6, dan tiamin.

Terong juga mengandung berbagai vitamin dan mineral lainnya. Lebih dari itu, terong juga merupakan sumber senyawa fenolik yang berperan sebagai antioksidan.

Khasiat yang ada, membuat terong memiliki manfaat bagi kesehatan dan ampuh mencegah penyakit kronis.

BACA JUGA:Wahai Bunda, Menurut Dr. Zaidul Akbar Buah Ini Meningkatkan Kecerdasan Otak, Cocok untuk Si Kecil

1. Membantu Penurunan Berat Badan

Terong merupakan makanan rendah kalori namun tinggi serat. Hal ini menjadikannya pilihan sehat dalam diet untuk mengendalikan dan menurunkan berat badan.

Serat pada terong bergerak secara perlahan dalam saluran pencernaan, memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Satu cangkir (82 gram) terong mengandung sekitar 3 gram serat dan hanya 20 kalori.

Selain kaya nutrisi, sifat diuretik air dalam terong membantu mengeluarkan cairan yang tertahan dalam tubuh, membantu dalam proses detoksifikasi dan menunjang penurunan berat badan.

BACA JUGA:Buah Satu Ini Efektif Menjaga Kesehatan Jantung, Cukup Makan 1-2 Per Hari, Murah dan Mudah Didapat

2. Perlindungan dari Kanker

Terong memiliki kandungan antioksidan yang tinggi selain vitamin dan mineral. Antioksidan berfungsi melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Studi menunjukkan bahwa antioksidan dapat membantu mencegah penyakit kronis, termasuk penyakit jantung dan kanker. Kandungan anthocyanin pada terong, sebuah pigmen dengan sifat antioksidan, efektif melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

3. Kadar Gula Darah

BACA JUGA:Semangka: Buah Banyak Manfaat Namun Menimbulkan Efek Samping

Menambahkan terong ke dalam pola makan diet membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali karena tingginya kandungan serat pada terong.

Serat membantu menurunkan penyerapan gula dalam tubuh dengan memperlambat proses pencernaan dan penyerapan gula.

Studi juga menunjukkan bahwa senyawa alami tanaman seperti polifenol yang terdapat dalam terong dapat mengurangi penyerapan gula dan meningkatkan produksi insulin, membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. (red)

Sumber: