Selain Pemalas, Berikut 14 Sifat Suami yang Tidak Pantas Dipertahankan Menurut Islam

Selain Pemalas, Berikut 14 Sifat Suami yang Tidak Pantas Dipertahankan Menurut Islam

Selain Pemalas, Berikut 14 Sifat Suami yang Tidak Pantas Dipertahankan Menurut Islam-istimewa-

11. Tidak pernah Shalat

Shalat adalah ibadah paling penting dalam islam. Bahkan Rasulullah menjadikan shalat sebagai batas antara mukmin dan kafir. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya:

"Sesungguhnya pembatas antara seseorang dengan kesyirikan atau kekufuran adalah meninggalkan shalat" (HR. Ahmad 15183, Muslim 82, dan yang lainnya).

Kemudian, Rasulullah juga menjadikan shalat sebagai perjanjian besar umat islam. Dari Buraidah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah bersabda yang artinya:

"Perjanjian antara kami dan mereka adalah shalat. Karena itu, siapa yang meninggalkannya maka dia kafir" (HR. Ahmad 22937, Nasai 463, Turmudzi 2621, dan dishahihkan al-Albani).

BACA JUGA:Nyesek Banget! Geser Tanggal Pernikahan, Wanita Cantik Ini Diputusi Tunangan Lewat Telepon

Karena itulah para sahabat menghukumi orang yang meninggalkan shalat, sebagimana orang kafir.

12. Tidak menjaga pergaulan dengan lawan jenis

Allah SWT melarang orang baik-baik untuk menikah dengan lelaki pezina atau wanita pezina, hingga mereka bertaubat dari zinanya.

Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam surah An-Nur ayat 3 yang artinya:

"Laki-laki pezina tidak boleh menikah melainkan dengan perempuan pezina, atau perempuan yang musyrik; dan perempuan pezina tidak boleh dikawini melainkan oleh laki-laki pezina atau laki-laki musyrik, dan yang demikian itu diharamkan atas oran-orang yang mukmin" (QS. An-Nur: 3)

13. Berpenghasilan haram

Hidup serba kecukupan merupakan harapan dan impian setiap istri. Dengan segala fasilitas, pastinya bisa memudahkan dalam melakukan berbagai aktivitasnya.

Tetapi harus diketahui, asal usul nafkah yang diberikan suami. Konsekuensi menikah dengan lelaki berpenghasilan haram, berarti siap untuk makan harta haram.

BACA JUGA:Bolehkah Menutup Jalan untuk Hajatan atau Pesta Pernikahan? Simak Penjelasan Kementerian PUPR

Dari Ka’ab bin Ujrah radhiyallahu ‘anhu, Nabi SAW bersabda yang artinya

"Tidak ada daging yang tumbuh dari as-suht, kecuali neraka lebih layak baginya" (HR. Turmudzi 614 dan dishahihkan al-Albani).

14. Perokok berat

Selain merugikan kesehatan, merokok bisa membuat sebagian besar wanita sulit menerima seorang pria. Alasan diantaranya aroma tubuh perokok tidak sedap apalagi perokok berat.

Kedua, kebutuhan beli rokok jelas mengurangi nafkah yang diberikan suami. Ketiga, ancaman bahaya bagi perokok pasif. (red)

Sumber: berbagai sumber