SIMAK! Segini Besaran Gaji Pensiunan PNS 2024

SIMAK! Segini Besaran Gaji Pensiunan PNS 2024

SIMAK! Segini Besaran Gaji Pensiunan PNS 2024-istimewa-raselnews.com

BACA JUGA:Riwayat Baik dan Gaji Besar, Nasabah Kriteria Ini Tetap Susah Ajukan KPR, Berikut Alasannya

Hal ini terlihat dari rata-rata pembayaran belanja pensiun PNS Pusat maupun daerah, serta purnawirawan TNI/Polri yang diprediksi akan semakin bertambah.

Saat ini, rata-rata belanja pensiun merupakan 33 persen dari belanja pegawai dalam APBN. Namun, dalam lima tahun terakhir, tren belanja pensiun terus meningkat, bahkan rasio belanja pensiun terhadap belanja pegawai hampir setara dengan rasio belanja pegawai aktif, dan diperkirakan akan terus meningkat.

Dalam tiga tahun terakhir, rasio antara pensiunan dan peserta aktif meningkat dari 0,71 pada tahun 2020 menjadi 0,78 pada tahun 2022. Dari total 2,99 juta pensiunan di tahun 2022, sekitar 65 persen di antaranya merupakan pensiunan PNS daerah.

BACA JUGA:Sssttt! 4 Situs Freelancer Ini Tawarkan Gaji 30 Ribu Dolar per Bulan, Simak Caranya

Dengan reformasi pensiun ini, pemerintah Jokowi berharap bahwa replacement ratio akan naik menjadi minimal 40% dari penghasilan terakhir, sesuai dengan rekomendasi International Labour Organization (ILO), yang akan didukung dengan keberlanjutan fiskal yang terjaga.

Pemerintah menegaskan bahwa reformasi pensiun yang akan dilaksanakan akan menggunakan skema yang berbeda antara pegawai lama dan baru, sambil tetap memperhatikan prinsip keadilan terkait manfaat pensiun.

Selain itu, pemerintah juga akan mempertimbangkan kesetaraan dengan program pensiun lainnya seperti yang ada di TNI, Polri, Hakim, dan pejabat negara lainnya. (red)

Sumber: