8 Pohon yang Akarnya Dapat Membahayakan Pondasi Rumah, 5 Diantaranya Jenis Buah-buahan

8 Pohon yang Akarnya Dapat Membahayakan Pondasi Rumah, 5 Diantaranya Jenis Buah-buahan

Pohon yang merusak pondasi rumah-istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM - Mempunyai halaman rumah yang didekorasi dengan pohon besar maupun pohon buah-buahan yang teduh dan indah merupakan dambaan banyak orang.

Selain untuk mempercantik fasad rumah, keberadaan pohon rindang juga dapat menjadi tempat bersantai yang menyenangkan.

Namun, seiring berjalannya waktu, tanaman yang tumbuh menjadi besar juga bisa menimbulkan masalah jika tidak dijaga dengan baik.

BACA JUGA:Wajah Glowing, Bekas Jerawat Hilang, Berikut 10 Manfaat Asam Jawa Bagi Kecantikan

Salah satu masalah yang bisa muncul adalah pertumbuhan akar dari beberapa jenis pohon yang tidak terkendali, dapat mengganggu pondasi rumah kita.

Berikut ini beberapa jenis pohon yang dapat merusak pondasi rumah. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mempertimbangkan dengan cermat jenis dan lokasi penanaman agar terhindar dari masalah di masa mendatang.

1. Pohon Pepaya

akar pohon pepaya tumbuh menjalar sangat dalam ke dalam tanah, yang dapat merusak fondasi dan mengancam ketahanan rumah secara keseluruhan.

BACA JUGA:Bukan Hanya Buah, Air Rendaman Kurma Saja Baik Bagi Kesehatan, Berikut Manfaatnya

Tanah di sekitar akar pohon pepaya bisa menjadi tidak padat, menciptakan lubang yang pada akhirnya bisa membuat rumah terlihat miring jika dibiarkan terlalu lama.

2. Pohon Jambu

Pohon jambu memiliki akar besar dan keras yang dapat merusak bagian bawah pondasi rumah atau pagar jika tidak dirawat dan dipangkas secara teratur.

3. Pohon Mangga

Struktur pondasi rumah yang terbuat dari semen, batu, dan material serupa tidak cukup kuat untuk menahan tekanan akar pohon mangga, terutama jika pohon tersebut ditanam terlalu dekat dengan rumah.

BACA JUGA:Wahai Bunda, Menurut Dr. Zaidul Akbar Buah Ini Meningkatkan Kecerdasan Otak, Cocok untuk Si Kecil

Akar yang menekan dari bawah tanah dapat menyebabkan keretakan atau bahkan keruntuhan pada struktur pondasi.

4. Pohon Trembesi/Beringin

Meskipun pohon beringin memberikan nuansa yang indah dan teduh, sebaiknya hanya ditanam di area halaman yang sangat luas. Jika Mitra Sarana Mandiri Perkasa ingin menanamnya, pastikan jaraknya cukup jauh dari bangunan.

5. Pohon Ketapang

Pilih lokasi tanam yang cukup jauh dari bangunan karena akar pohon ketapang cenderung menjalar dan berpotensi merusak pondasi bangunan di sekitarnya.

BACA JUGA:Buah Satu Ini Efektif Menjaga Kesehatan Jantung, Cukup Makan 1-2 Per Hari, Murah dan Mudah Didapat

6. Pohon Bidara

Untuk menanam pohon bidara, pastikan ditanam setidaknya 3 meter dari bangunan agar mendapat nutrisi yang cukup dari tanah. Hal ini bertujuan agar tumbuhan dapat bertahan lama tanpa merusak pondasi bangunan.

7. Pohon Durian

Selain memiliki ukuran yang besar dan kokoh, pohon durian juga memiliki akar yang bisa menjalar.

Oleh karena itu, sebaiknya pilih lokasi tanam yang tidak terlalu dekat dengan rumah untuk menghindari kerusakan pada pondasi rumah.

BACA JUGA:Fakta Unik Amla: Buah Rasa Asam dan Pahit Tapi Punya 7 Manfaat Kesehatan

8. Pohon Kelengkeng

Sistem akar pohon kelengkeng termasuk ke dalam akar tunggang. Akar tunggang tersebut memiliki fungsi yang digunakan tumbuhan guna memenuhi kebutuhan makanannya dan termasuk ke dalam ciri pokok dari tanaman dikotil.

Pohon kelengkeng menjadi salah satu buah-buahan yang akar pohon merusak pondasi. Meski selain berfungsi peneduh, baiknya pohon kelengkeng ditanam pada jarak yang cukup jauh dari pondasi.

Sumber: