Bukan Gila! Bicara Sendiri Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan Mental

Bukan Gila! Bicara Sendiri Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan Mental

Bukan Gila! Bicara Sendiri Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan Mental-istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM - Banyak yang memandang aneh ketika seseorang bicara sendiri. Bahkan ada yang menilai tindakan itu sebuah tanda gila.

Padahal faktanya berbicara seorang diri punya manfaat untuk kesehatan mental.

Mungkin pandangan bahwa bicara sendiri adalah tanda gila muncul karena manfaat kesehatan mental dari kebiasaan ini belum terlalu dikenal secara luas.

BACA JUGA:10 Manfaat Susu Almond Bagi Kesehatan, Penderita Ginjal Kronis Wajib Simak

Kebiasaan bicara sendiri kadang masih dianggap aneh hingga dianggap sebagai tanda gila, padahal kenyataannya kebiasaan ini memiliki manfaat bagi kesehatan mental.

Seringkali kita tanpa sadar melakukan kebiasaan tersebut. Meskipun tidak diucapkan secara langsung, namun terlintas di dalam pikiran.

Jika pandangan orang lain yang menganggapnya aneh menghambatmu untuk melakukannya, mungkin sekarang saatnya untuk mencobanya.

Sebenarnya, bicara sendiri memiliki banyak manfaat meskipun dianggap aneh bahkan sebagai tanda gila.

BACA JUGA:Manfaat Daun Kenikir Bagi Kesehatan, Tapi Jangan Berlebihan! Nih Efek Sampingnya

Menurut Lisa Ferentz, seorang pekerja sosial klinis dan psikoterapis, ia sering menggunakan teknik ini untuk membantu kliennya mengembangkan pikiran positif terhadap diri mereka dan masa depan.

"Tidak ada yang lebih penting daripada cara kita berbicara terhadap diri sendiri, karena monolog batin tersebut secara halus atau tidak, memengaruhi pikiran, emosi, dan keputusan kita di masa depan," ujar Lisa Ferentz.

Jika kamu sudah menghadapi hari dengan sikap negatif, kemungkinan besar akan sulit menerima hal-hal baik.

BACA JUGA:8 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan, Wanita Pasti Senang

Salah satu cara terbaik untuk membangun kesehatan mental adalah dengan menulis daftar hal-hal yang kamu syukuri, potensimu, dan kata-kata penyemangat yang positif.

Setelah menuliskannya, cobalah berdiri di depan cermin dan mengucapkannya dengan lantang. Pada awalnya mungkin terasa konyol dan aneh, tapi coba untuk mengabaikannya.

Sebuah studi di Universitas Lethbridge menemukan bahwa mahasiswa yang menggunakan self-talk positif saat mempelajari materi mampu mengubah perspektif, sikap, dan reaksi mereka.

BACA JUGA:Minuman Manis Tak Memberi Manfaat, Justru Pemicu Kanker Hati , Ketahui Gejalanya

Lisa juga mendorong orang untuk mengatakan hal-hal positif saat menghadapi situasi yang menekan. (red)

Sumber: