Jangan Anggap Sepele! Matikan Mesin Skutik dengan Menurunkan Standar Samping Ternyata Berisiko

Jangan Anggap Sepele! Matikan Mesin Skutik dengan Menurunkan Standar Samping Ternyata Berisiko

Matikan Mesin Skutik dengan Menurunkan Standar Samping Ternyata Berisiko-istimewa-raselnews.com

RASELNEWS.COM - Skuter matik, atau yang dikenal dengan sebutan skutik, telah menjadi pilihan favorit bagi banyak pengendara di Indonesia.

Namun, fitur yang memungkinkan pemadamam mesin dengan menurunkan standar samping pada sebagian besar skutik belakangan ini, memiliki beberapa konsekuensi yang perlu diperhatikan.

Sebelumnya, skuter matik tidak memiliki fitur standar samping yang secara otomatis mematikan mesin.

BACA JUGA:New Honda Beat 150, Skutik Berdesain Tangguh dan Sporty yang Telah Lama Dinanti

Pemilik motor matik seringkali meninggalkan mesin dalam keadaan menyala sebelum teknologi ini diperkenalkan, yang pada akhirnya dapat menjadi situasi berbahaya terutama jika anak-anak main-main dengan motor tersebut.

Fitur side stand switch atau saklar standar samping hadir untuk memberikan perlindungan tambahan dengan mematikan mesin secara otomatis saat standar samping diturunkan.

Meskipun fitur ini tampak praktis, penggunaannya yang berlebihan dapat menyebabkan masalah pada aki motor.

BACA JUGA:Skutik Terbaru Pesaing Yamaha Nmax dan Honda PCX Resmi Meluncur, Mesin 247 cc, Harganya?

Standar samping terhubung dengan engine control unit (ECU) yang memutus sistem pengapian secara otomatis.

Penggunaan berlebihan dapat berpotensi membuat aki motor terlalu terisi air asam atau bahkan membuatnya 'soak'.

Oleh karena itu, penting untuk mematikan kunci kontak setelah menurunkan standar samping untuk menghindari masalah pada kelistrikan motor.

BACA JUGA:Skutik Vario Gen 4 Telah Hadir, Kapasitas Mesin Lebih Besar, Nih Wujudnya

Hal yang serupa berlaku saat menggunakan switch cut off yang ada di stang motor sport. Jika kunci kontak tidak dimatikan, hal ini juga dapat mengakibatkan masalah pada baterai motor.

Jika skutik belum menggunakan lampu LED, aki motor bisa lebih cepat terkuras daya. Untuk menghindari hal ini, pastikan kunci kontak dimatikan dengan benar setelah mematikan mesin menggunakan fitur standar samping atau switch cut off.

Ada beberapa langkah yang bisa diambil untuk menjaga kesehatan aki skutik. Pastikan kunci kontak dimatikan setelah menggunakan fitur standar samping atau switch cut off untuk memastikan kelistrikan motor padam sepenuhnya.

BACA JUGA:Dibanderol Rp 14 Jutaan, Honda Rilis Skutik Menyala Tanpa Disentuh dan Sistem Anti Maling

Pemilik juga dapat mempertimbangkan untuk mengganti lampu menjadi LED agar aki tidak terkuras daya terlalu cepat.

Selain itu, perhatikan kondisi aki secara berkala. Pastikan aki dalam kondisi baik dan air asamnya tidak berlebihan atau terlalu sedikit.

Jika ada indikasi masalah pada aki, segera periksakan motor matik ke bengkel terpercaya untuk pengecekan dan perawatan yang diperlukan.

BACA JUGA:Big Skutik Matic Bergaya Adventure 400 Cc Hadir Ditanah Air, Desain Lebih Keren Mesin Lebih Gahar

Fitur mematikan mesin dengan menurunkan standar samping pada skutik memberikan kenyamanan dan keamanan tambahan, tetapi penggunaannya yang berlebihan dapat berdampak buruk pada aki motor. Oleh karena itu, gunakan fitur ini dengan bijak dan tetap perhatikan kondisi aki secara rutin. (red)

Sumber: