6 Jenis Makanan yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Lambung, Boleh Dimakan Kapan Saja

6 Jenis Makanan yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Lambung, Boleh Dimakan Kapan Saja

6 Jenis Makanan yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Lambung, Boleh Dimakan Kapan Saja -istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM - Bagi yang mengalami masalah asam lambung, mengetahui jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi sangatlah penting.

Hal ini bertujuan untuk mencegah timbulnya serangan asam lambung yang dapat menimbulkan gejala yang tidak mengenakkan.

Menurut penjelasan dari asisten dokter Niket Sonpal, M.D di Touro College Of Osteopathic Medicine, New York, terdapat beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari.

BACA JUGA:Siapa Bilang Cantik Harus Putih! Nih Rahasia Tersembunyi Pemilik Kulit Sawo Matang, Jangan Iri Ya

Makanan seperti kopi, cokelat, gorengan, pasta, anggur merah, serta beberapa jenis makanan berat lainnya termasuk dalam daftar tersebut.

Namun, terdapat sejumlah makanan yang justru membantu meredakan gejala asam lambung. berikut beberapa jenis makanan yang aman dikonsumsi bagi penderita asam lambung sebagaimana dilansir prevention.com.

1. Pisang

Meskipun jeruk dan beri memiliki tingkat keasaman yang tinggi yang dapat memicu naiknya asam lambung, Dr. Sonpal merekomendasikan pisang sebagai salah satu pilihan terbaik.

BACA JUGA:6 Tips Kecantikan ala Wanita Korea untuk Kulit Halus dan Mulus

Pisang memiliki kemampuan menenangkan usus dan membantu menetralisir asam lambung, mencegahnya menumpuk di esofagus.

Pisang juga mengandung serat yang dapat mengurangi gejala asam lambung.

2. Oatmeal

Oatmeal, yang terbuat dari gandum oat (Avena sativa) yang diolah hingga berbentuk tekstur mirip gelatin, disarankan oleh Dokter Sonpal karena kemampuannya menutup sfingter esofagus, mencegah naiknya asam lambung dengan mudah.

Selain itu, oatmeal merupakan pilihan makanan praktis bagi mereka yang rentan mengalami peningkatan asam lambung akibat konsumsi kopi.

BACA JUGA:Nah Loh! Kuku Palsu Ternyata Berpotensi Munculnya Jamur, Begini Cara Menghindari dan Mengobatinya

3. Madu

Madu juga diketahui dapat membantu mengurangi gejala asam lambung. Khususnya, madu Manuka terkenal karena kandungan antioksidan tinggi dan sifat anti radangnya.

Untuk meredakan asam lambung, madu dapat dicampurkan ke dalam teh herbal.

4. Beras Coklat

Beras coklat atau yang juga dikenal sebagai beras merah merupakan jenis beras yang belum mengalami proses penggilingan dan pemutihan sepenuhnya.

Mirip dengan oatmeal, beras coklat termasuk dalam kategori whole grain dan merupakan jenis pati yang bermanfaat untuk mengatasi masalah asam lambung, termasuk asam perut.

BACA JUGA:5 Jenis Makanan Mengenyangkan Selain Nasi, Lezat dan Lebih Memuaskan

Selain itu, beras coklat kaya akan vitamin dan mineral seperti vitamin B, magnesium, fosfor, dan zat besi.

5. Alpukat

Alpukat, juga dikenal sebagai avocado dalam bahasa Inggris, merupakan buah yang umumnya dianggap aman bagi individu dengan masalah asam lambung atau refluks asam lambung ringan.

Kandungan lemak tak jenuh yang sehat dalam alpukat dapat membantu mencegah terjadinya heartburn dan menjaga tingkat asam dalam kondisi sehat.

6. Telur

Telur merupakan sumber protein yang dapat membantu mengurangi tekanan pada esofagus tanpa menimbulkan rasa kembung atau ketidaknyamanan.

BACA JUGA:Kenali 5 Tanda Kerusakan Rambut dan Cara Mengatasinya, Cegah Untuk Hindari Kebotakan

Bagi yang merasa terganggu setelah mengonsumsi telur, disarankan untuk mencoba telur tawar karena kuning telur mengandung lemak tidak jenuh. (red)

Sumber: