Petani Talang Dantuk Sumbangan Perbaiki Irigasi, Baru Terkumpul Rp 3 Juta, Bupati Seluma Turun Tangan

Petani Talang Dantuk Sumbangan Perbaiki Irigasi, Baru Terkumpul Rp 3 Juta, Bupati Seluma Turun Tangan

Bupati Seluma saat mendatangi Kelurahan Talang Dantuk-ahmad fauzan-raselnews.com

SELUMA, RASELNEWS.COM - Nasib sedih dialami petani di Kelurahan Talang Dantuk Kecamatan SELUMA, Kabupaten SELUMA, Bengkulu.

Sepanjang tahun 2023 ini, puluhan hektar sawah mereka tak lagi bisa digarap. Kerusakan jaringan irigasi Air Ngalam di Kelurahan Talang Dantuk hingga kini belum bisa mereka perbaiki.

Sumbangan perbaikan secara mandiri telah mereka lakukan. Namun, kebutuhan dana rehab Rp 7 juta baru terkumpul Rp 3 juta.

BACA JUGA:Tiga Terdakwa Kasus Korupsi Di Seluma Divonis, Salah Satunya Mantan Kades

Agus, salah seorang petani di Kelurahan Talang Dantuk mengatakan, masyarakat yang memanfaatkan irigasi Air Ngalam ini sebanyak 30 orang.

30 hektar sawah tersebut hanya mengandalkan air dari irigasi dari Air Ngalam tersebut.

"Sudah sejak tahun 2023 ini kami sama sekali belum mengolah sawah. Karena terjadi kerusakan pada jaringan irigasi Air Ngalam. Sehingga air tidak bisa masuk ke persawahan," tutur Agus di hadapan kepada Bupati Seluma, Erwin Octavian dalam kegiatan sapa warga di Kelurahan Talang Dantuk, Rabu 13 Desember 2023.

BACA JUGA:Pantas Berani Melawan, Pemilik Warem di Seluma Sudah Urus Izin Secara Mandiri, DPMPTSP: Izin Sudah Dicabut

Menurut Agus, produksi gabah di hamparan sawah mereka cukup menjanjikan. Setiap satu hektar sawah rata-rata menghasilkan 5 ton padi kering.

Selama tahun 2023 ini seharusnya mereka sudah dua kali tanam padi. Namun sampai saat ini belum bisa karena perbaikan irigasi belum bisa dilakukan.

"Mana mau garap sawah karena kekeringan. Jadi kami mohon bantuannya. Anggaran dibutuhkan Rp 7 juta. Sedangkan iuran baru ada Rp 3 juta," harap Agus kepada Bupati Seluma.

BACA JUGA:Gegera Pinjam Dulu Seratus, Kades di Seluma Dituding Selingkuh, Sidang Adat Digelar

Mendapat kabar itu, Bupati Seluma Erwin Octavian memerintahkan Kepala Dinas PUPR Seluma untuk memberikan sumbangan dana.

"Kepala Dinas PUPR tolong bantu selesaikan kekurangan anggaran sesuai keluhan warga," tegas Bupati Seluma.

Sumber: