Honda Stylo 160 Datang, Grand Filano Terancam Bubar, Ini Penyebab Utamanya

Honda Stylo 160 Datang, Grand Filano Terancam Bubar, Ini Penyebab Utamanya

Yamaha Grand Filano-istimewa-tangkapan layar youtube motor z

RASELNEWS.COM - Yamaha Grand Filano terancam bubar. Kehadiran Honda Stylo 160 membuat salah satu skutik andalan pabrikan garputala ini bakal terancam bubar.

Sebagaimana diketahui, sebelum Stylo 160 dan Suzuki Saluto masuk ke pasar Indonesia, Grand Filano masih menjadi yang terbaik dan dilirik.

Saingannya hanya satu yakni Vespa, yang harganya jauh lebih tinggi. Meski ada motor lain yang lebih murah seperti TVS Kalisto dan Benelli Panaria, mereka kurang diminati karena mereknya kurang terkenal.

BACA JUGA:Adik Yamaha NMAX Telah Lahir, Mesin Lebih Tangguh, Tampilan Makin Gahar, Hargapun Terjangkau

Sebab itulah Yamaha Grand Filano yang diluncurkan pada awal 2023, langsung menarik perhatian pecinta skuter retro dan penggemar Vespa.

Hanya saja, kehadiran Honda Stylo 160 CC dengan dijual dengan harga tidak jauh berbeda akhirnya membuat skutik Filano dianggap kemahalan. 

Sebab banderol harga Rp 27 juta untuk varian Neo dan Rp 27,5 juta untuk varian Lux, tidak setara dengan mesin yang diusung Filano yakni 125 cc dan tidak berpendingin cairan.

BACA JUGA:Yamaha FZX Chrome, Motor Naked Baru Bergaya Retro, Cocok untuk Berjiwa Muda

Meskipun mesinnya mirip dengan Skutik Fazio, Yamaha mengklaim bahwa ada banyak perbedaan antara keduanya.

Seperti desain sepeda meter yang berbeda dan lampu LED penuh. Namun, alasan harga yang tinggi masih tidak masuk akal bagi sebagian konsumen.

Yamaha kemudian meluncurkan versi light Grand Filano pada Oktober 2023 dengan fitur yang dipangkas untuk mengurangi harganya menjadi Rp 26,75 juta.

BACA JUGA:Motor Baru Yamaha Bergaya Retro Ini Dijual Rp 26 Juta

Namun, dengan munculnya Honda Stylo 160 yang lebih bertenaga dengan harga yang tidak jauh berbeda, persaingan Grand Filano semakin berat.

Meskipun memiliki kelebihan seperti desain yang keren dan kualitas bangunan yang baik, serta fitur lengkap, harga yang tinggi membuatnya sulit untuk dilirik.

Sebagai motor retro, performa mesin mungkin bukan prioritas utama, tetapi harga yang lebih rendah akan membuatnya lebih menarik bagi konsumen. (and)

Sumber: youtube moto z