Belum Banyak yang Tahu, Ternyata Ini 9 Gejala Awal Kulit Saat Sakit Ginjal

Belum Banyak yang Tahu, Ternyata Ini 9 Gejala Awal Kulit Saat Sakit Ginjal

Belum Banyak yang Tahu, Ternyata Ini 9 Gejala Awal Kulit Saat Sakit Ginjal -istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM - Ternyata terdapat gejala umum yang terjadi ketika ginjal mengalami kerusakan. Tanda-Tanda itu bisa terlihat pada kulit ketika ginjal mengalami kerusakan.

Apa saja itu? Kulit terlihat lebih kasar dan bersisik. Kulit dengan gangguan ginjal biasanya terlihat kasar, bersisik, kencang, dan mudah retak di seluruh tubuhnya.

Kemudian, kulit terasa gatal. Gatalnya kulit disebabkan oleh penumpukan limbah atau zat beracun yang tidak dapat disaring dengan baik oleh ginjal, menyebabkan gatal di seluruh tubuh.

BACA JUGA:Kayu Manis Baik untuk Kesehatan, Tapi Kayu Manis Jenis Ini Punya Efek Samping Loh.....

Terdapat luka akibat goresan atau garukan di seluruh tubuh. Penderita dengan gangguan ginjal cenderung menggaruk seluruh tubuh atau di area tertentu, yang dapat menyebabkan luka.

Perubahan warna pada kulit. Ketika ginjal berhenti bekerja dengan baik, racun akan menumpuk di seluruh tubuh, menyebabkan perubahan warna pada kulit seperti pucat atau kekuningan, serta munculnya kista atau bintik-bintik.

Selain itu, ada perubahan bentuk dan warna pada kuku. Penyakit ginjal dapat merubah warna atau bentuk kuku, seperti adanya warna putih atau pita putih melintang.

BACA JUGA:5 Jus untuk Menyembuhkan Mata Kabur dan Mengembalikan Kejernihan serta Kesehatannya

Tanda lainnya yakni pembengkakan. Ketika ginjal tidak dapat mengeluarkan cairan berlebih, cairan akan menumpuk pada area tertentu di tubuh seperti kaki, pergelangan tangan, atau wajah.

Ruam kemerahan pada tubuh juga menjadi tanda. Di mana, ketidakmampuan ginjal dalam membuang limbah dapat menyebabkan ruam kemerahan berkembang di seluruh tubuh.

Tanda berikutnya adalah kulit melepuh. Penumpukan limbah atau kotoran dalam aliran darah dapat menurunkan nutrisi pada kulit, sehingga kulit lebih mudah melepuh.

BACA JUGA:Bukan Hanya Daunnya, Batang Kelor Juga Bermanfaat untuk Kesehatan, Berikut Khasiatnya

Penumpukan kalsium di bawah kulit. Ketidakseimbangan mineral dalam darah dapat menyebabkan penumpukan kalsium di kulit.

Jika Anda mengalami tanda-tanda tersebut, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. (and)

Sumber: