Nyesek! Baru 2 Tahun, Mobil Toyota Ini Disuntik Mati, Produk Gagal?

Nyesek! Baru 2 Tahun, Mobil Toyota Ini Disuntik Mati, Produk Gagal?

Toyota GR86-istimewa-tangkapan layar youtube fuse box

RASELNEWS.COM - Meski sudah banyak mengeluarkan mobil berbagai jenis dan model, namun tidak semua mobil dari Toyota bisa diterima konsumen di pasar otomotif.

Ada beberapa produknya yang pemasarannya dihentikan hingga harus disuntik mati lantaran disebut-sebut sebagai produk gagal.

Benarkah? Adalah Toyota GR86. Namun, sebelum munculnya GR86, Toyota memiliki AE86 yang menjadi salah satu mobil yang paling murni dari puluhan tahun yang lalu dan membantu lahirnya motor sport drifting.

BACA JUGA:Toyota Hadirkan Mobil Listrik dengan Ruang Interior Luas dan Desain Modern

Selain itu, mobil ini juga menjadi bintang dalam anime yang ikonik dan mampu mendominasi dari seri balapnya sendiri.

Hanya saja, dengan sejarah yang panjang dimiliki oleh AE86, akhirnya Toyota membangkitkan generasi kedua dari mobil ini yang diberi nama GR86.

Tapi, sayangnya, mobil ini tidak memenuhi harapan semua orang, dan Toyota pun akhirnya menghentikan penjualannya dalam waktu yang cukup singkat di beberapa negara.

Mengapa GR86 didiscontinue oleh Toyota hanya dalam waktu yang sangat singkat? GR86 sebenarnya adalah mobil yang sangat bagus sehingga Toyota membawanya ke dalam keluarga balap Gazoo.

BACA JUGA:Toyota Taisor: Mobil SUV Sekelas Honda HRV Tapi Jauh Lebih Murah Daihatsu Ayla 1.2 R CVT ADS, Cuma Rp 147 Juta

Alasannya sederhana, Toyota bosan dengan kritikan orang tentang GR86 karena dinilai memiliki tenaga yang sedikit dan tidak cukup torsi.

Untuk digunakan sehari-hari dan gaya, mobil ini sudah lebih dari cukup. Tenaganya mobil ini dapat menghasilkan 228 horsepower dan 249 nm torsi, dan mobil ini dapat melaju dari 0 hingga 100 km/j hanya dalam waktu 6,1 detik.

Sudah cukup untuk mobil sport yang cukup terjangkau. Namun, top speednya mobil ini tidak cukup mengesankan.

Meski begitu, mobil ini sebenarnya cukup spesial karena memiliki suspensi depan dan belakang yang dituning langsung oleh Gazoo Racing.

BACA JUGA:Toyota RAV4 Sport terbaru tahun 2024 memiliki fitur yang sangat canggih! Berikut Fakta SUV Sporty Ini!

Sumber: