Tanaman Ini Disebut Serat Emas, Bentuknya Halus dan Berkilau, Harganya Miliaran Dolar, Anda Punya?

Tanaman Ini Disebut Serat Emas, Bentuknya Halus dan Berkilau, Harganya Miliaran Dolar, Anda Punya?

Tanaman serat emas bernilai tinggi-istimewa-tangkapan layar youtube kita kasih tau

BACA JUGA:Selain Penghias Rumah, Tanaman Ini Ternyata Sangat Eefektif Penghisap Polusi Udara, Diantaranya Lidah Buaya

Sektor ini mempekerjakan sekitar 1,5 juta orang, termasuk 900.000 secara langsung dan 600.000 secara tidak langsung, menjadikannya pendorong penting bagi lapangan pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan. Selain itu, tenun goni telah memainkan peran penting dalam pemberdayaan perempuan dengan memberikan mereka kesempatan kerja yang berharga.

Setiap musim semi, miliaran biji goni ditaburkan di lahan terbuka, yang sebagian besar dilakukan oleh wanita. Benih-benih ini kemudian berkecambah saat hujan pertama dan tumbuh cepat, mencapai sekitar 2 cm setiap hari.

Tanaman goni dapat tumbuh hingga 3 meter tanpa pupuk buatan atau pestisida, dan 1 hektar goni dapat menyerap sekitar 13,6 ton karbon dioksida, serta menyumbang 10 ton oksigen ke atmosfer.

Saat waktu panen tiba, biasanya antara 4 hingga 5 bulan, para pekerja memanen batang goni dengan tangan menggunakan parang atau sabit.

BACA JUGA:Tanaman Jadi Subur dan Berbuah Lebat dengan Modal Hanya Rp 3.000, Mau? Begini Caranya!

Mereka mengupas daun dari batang yang kemudian direndam dalam air selama 10 hingga 30 hari untuk memisahkan serat.

Setelah serat terlepas, mereka dicuci, diperas, dan dikeringkan di bawah sinar matahari sebelum digulung dan dibawa ke pabrik untuk diolah lebih lanjut.

Serat goni dapat ditenun, dipintal, dan diolah menjadi berbagai produk seperti tas, tempat tidur gantung, topi, dan lebih dari 100 barang lainnya.

Warisan tekstil Bangladesh yang kaya, didukung oleh kualitas goni yang serba guna dan komitmen terhadap kelestarian lingkungan, tidak hanya menjadi sumber kebanggaan besar tetapi juga memberikan kontribusi signifikan bagi pertumbuhan ekonomi negara ini. (and)

Sumber: