Kemenpora dan Kemenparekraf Digabung, Dukung Kemajuan Olahraga dan Pariwisata di Daerah

Kemenpora dan Kemenparekraf Digabung, Dukung Kemajuan Olahraga dan Pariwisata di Daerah

Kemenpora dan Kemenparekraf Digabung, Dukung Kemajuan Olahraga dan Pariwisata di Daerah-sugio aza putra-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Wacana penggabungan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pada pemerintahan Presiden Joko Widodo didukung banyak pihak dan mendapat sambutan positif dari kalangan masyarakat.

Seperti disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten BENGKULU SELATAN, Rispin Junaidi yang menyatakan siap mendukung penggabungan dua kementerian tersebut. Dengan digabungnya dua kementerian itu, maka bisa saling mendukung penentuan arah kebijakan di sektor Olahraga, Pariwisata, ataupun ekonomi kreatif.

BACA JUGA:Hamka Sabri: Sektor Pariwisata Harus Dikelola Serius

"Kami siap mendukung penggabungan Kemenpora dan Kemenparekraf. Tapi untuk dukungan yang resminya, kami menunggu surat resmi dari kementerian. Harapan kami tentunya penggabungan dua kementerian itu bisa memberi dampak yang positif untuk kemajuan olahraga, kepemudaan, dan pariwisata di daerah kita," ujar Rispin.

Selama ini sektor olahraga dan pariwisata, serta ekonomi kreatif sudah banyak berkaitan. Misalnya dalam kegiatan even olahraga yang memberi dampak ke sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Para atlet yang ikut dalam even olahraga ataupun masyarakat yang hadir menyaksikan pertandingan olahraga sekaligus berkunjung ke tempat wisata, mereka juga berbelanja hasil kerajinan para pelaku ekonomi kreatif.

BACA JUGA:Pengelolaan Objek Wisata Bengkulu Selatan Saat Nataru Ditunjuk Langsung, Ini Alasan Dinas Pariwisata

"Dengan menggabungkan dua lembaga yang berbeda, yaitu olahraga dan pariwisata. Dapat mendorong penyelenggaraan agenda olahraga, festival budaya dan pariwisata. Dapat menarik khayalak global, meningkatkan perekonomian dan tentu orientasi Internasional," ujar Rispin.

Peleburan dua kementerian menjadi satu kementerian bidang dalam satu kementerian juga dipandang evektif mewujudkan kebijakan strategis dan proaktif dengan mentransformasikan lembaga di pemerintahan.

Terlebih keterkaitan antara olahraga dan wisata kini sudah berkembang seiring berjalannya waktu.

BACA JUGA:Pedagang Taman Merdeka Bakal Dipindahkan ke Pantai Pasar Bawah, Ini Alasan Dinas Pariwisata Bengkulu Selatan

"Salah satu manfaatnya adalah bisa meningkatkan promosi ekonomi kreatif di ajang olahraga. Dan olahraga juga akan mendapat dukungan dana serta pemuda-pemuda yang bergerak di ekonomi kreatif akan sangat terbantu," tukasnya. (yoh)

Sumber: