10 Kesalahan Keuangan Paling Umum Terjadi dan Harus Dihindari

10 Kesalahan Keuangan Paling Umum Terjadi dan Harus Dihindari

cara mengelola keuangan yang benar-istimewa-freepik.com

BACA JUGA:Butuh Pinjaman Modal? Ini Syarat Pengajuan KUR BRI Terbaru 2024 Serta Tips Agar Pinjaman Disetujui

Sebelum memutuskan membeli rumah dengan KPR, perhatikan kemampuan ekonomi saat ini dan di masa depan. Lakukan survei dan simulasi KPR dari berbagai bank, serta minta informasi sebanyak mungkin untuk memahami pro dan kontra dari setiap opsi.

7. Hidup dari Gaji ke Gaji

Banyak orang menganggap remeh pengaturan keuangan karena merasa akan mendapatkan gaji bulan berikutnya. Sisihkan setidaknya 20% dari gaji untuk tabungan dan investasi agar tidak merasa waswas saat menunggu gajian berikutnya.

8. Tidak Berinvestasi untuk Dana Pensiun

Dana pensiun adalah elemen penting dalam pengelolaan keuangan. Mulailah berkontribusi secara rutin ke rekening pensiun, manfaatkan rekening yang ditangguhkan pajak, dan paket yang disponsori perusahaan Anda untuk masa pensiun yang nyaman.

BACA JUGA:Selain Konsumsi Buah dan Sayur, Begini Tips Tetap Cantik dan Sehat di Usia 30 Tahun

9. Melunasi Utang dengan Tabungan

Melunasi utang dengan tabungan mungkin terasa melegakan sementara, namun bisa menyebabkan penyesalan karena kehilangan tabungan besar.

Ini dapat menggoda Anda untuk kembali berutang. Sebaiknya, temukan cara lain untuk melunasi utang tanpa menguras tabungan.

10. Tidak Memiliki Rencana Keuangan

Rencanakan keuangan Anda dengan baik. Tentukan prioritas dan buat rencana yang realistis untuk mengelola pemasukan dan pengeluaran.

BACA JUGA:Kerja Online 1 Jam Tanpa Modal, Siapkan Saja HP! Tips Mendapatkan Penghasilan dari Internet

Menyusun rencana keuangan yang baik akan membantu Anda mencapai tujuan finansial dan memastikan stabilitas keuangan jangka panjang. (and)

Sumber: