Digigit Hewan Pembawa Rabies, Segera Lapor! Dinkes Bengkulu Selatan Pastikan Vaksinasi Anti Rabies Tersedia

Digigit Hewan Pembawa Rabies, Segera Lapor! Dinkes Bengkulu Selatan Pastikan Vaksinasi Anti Rabies Tersedia

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Bengkulu Selatan, Isman Jayadi-Andri Hermento-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Guna mengantisipasi kasus gigitan Hewan Penular Rabies (HPR) di wilayah BENGKULU SELATAN, Pemkab melalui Dinas Kesehatan BENGKULU SELATAN pastikan vaksinasi terpenuhi sepanjang tahun 2024.

Dinkes telah menyiapkan pencegahan berupa Vaksinasi Anti Rabies (VAR) jika sesorang terkena gigitan hewan peliharaan maupun hewan liar yang berpotensi Rabies seperti anjing, kucing dan kera.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan BENGKULU SELATAN Isman Jayadi, mengatakan, bagi pasien yang akan mejalani vaksinasi bisa langsung melapor ke Puskesmas yang ada di wilayah tinggal masing-masing.

BACA JUGA:PENGUMUMAN! Dinas Pertanian Bengkulu Selatan Gelar Vaksinasi Rabies Massal 20 Juni 2024

Dari puskesmas nantinya akan memberikan surat pengantar untuk diajukan ke pihak Dinas Kesehatan yang akan di dampingi oleh Tenaga Kesehatan untuk melakukan vaksinasi tersebut.

"Kita siap melayani vaksinasi rabies di setiap jam kerja, kalau di luar jam kerja nantinya akan ada petugas kita," ujar Isman.

Sementara itu Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Yesi Ervianty menyebut pihaknya telah menyiapkan stok VAR mencapai 396 vial yang diestimasikan cukup untuk 100 orang pasien.

BACA JUGA:Bahaya! Ratusan Warga Seluma Digigit ANjing, Rentan Tertular Rabies, Ini Rincian Kasusnya

"Stok Vaksin Anti Rabies per hari ini berjumlah 396 vial dengan estimasi kebutuhan untuk lebih kurang 100 orang pasien" tutur Yesi.

Pihaknya juga memastikan vaksinasi anti rabies gratis alias tidak dikenakan biaya. "Jangan sepelekan gigitan hewan pembawa rabies.Segera lapor. Kamis siap melayani vaksin secara gratis. Stok kita aman," sambung Isman. (cw1)

Sumber: