Hasil Studi: Makanan Berlemak Mengurangi Kemampuan Ingatan

Hasil Studi: Makanan Berlemak Mengurangi Kemampuan Ingatan

makanan berlemak-istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM - Makanan yang kita makan tidak hanya berdampak pada berat badan, tetapi juga mempengaruhi fungsi otak.

Sebuah penelitian dari Harvard menemukan bahwa makanan yang mengandung lemak jenuh, yang biasanya terdapat dalam daging dan produk susu, dapat mengurangi kemampuan ingatan seseorang.

BACA JUGA:Meski Enak dan Nikmat, Makanan dan Minuman Ini Justru Bisa Merusak Otak

Lupa akan sesuatu adalah hal yang normal. Tidak ada yang memiliki ingatan yang sempurna, jadi wajar jika kadang-kadang kita lupa.

Pelupa juga bisa terjadi pada usia muda. Menurut WebMD, kelelahan, sakit, atau stres dapat menyebabkan seseorang lebih mudah melupakan sesuatu.

Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan, seperti menjaga kebersihan dan keorganisasian benda-benda kecil, mencatat janji-janji penting, menggunakan kalender harian, bermain gim permainan kata, dan belajar hal-hal baru.

Selain pola makan, kesehatan secara keseluruhan juga berperan penting dalam fungsi ingatan.

BACA JUGA:5 Makanan Ekstrem Khas Indonesia! Budaya Lokal Asli, Yang Katanya Menyehatkan!

Kadar kolesterol, tekanan darah, dan gula darah yang tinggi dapat mengakibatkan kerusakan pada pembuluh darah di sekitar otak, yang pada gilirannya dapat memengaruhi kemampuan ingatan seseorang.

Kemampuan memori biasanya menurun seiring bertambahnya usia. Sel-sel otak mulai berkurang sejak usia 20-an dan bahan kimia yang diperlukan oleh sel otak juga menurun seiring bertambahnya usia.

Oleh karena itu, wajar jika kemampuan ingatan pada usia 25 tahun lebih tajam dibandingkan pada usia 55 atau 75 tahun.

BACA JUGA:Sssttt Ini Rahasia Makanan Burung Cendet Agar Cepat Gacor

Namun, penting untuk dicatat bahwa penurunan memori yang signifikan tidak selalu menunjukkan adanya penyakit Alzheimer, tetapi bisa disebabkan oleh faktor lain seperti stroke, cedera kepala, defisiensi vitamin, atau masalah tidur.

Kadang-kadang juga dapat menjadi efek samping dari obat-obatan tertentu yang digunakan.

Sumber: