Jelang Tahun Ajaran Baru! Simak Panduan dan Materi MATSAMA 2024/2025 Tingkat MI, MTs, MA, dan MAK

Jelang Tahun Ajaran Baru! Simak Panduan dan Materi MATSAMA 2024/2025 Tingkat MI, MTs, MA, dan MAK

Ini Dia Panduan dan Materi MATSAMA 2024/2025 Untuk Tingkat MI, MTs, MA, dan MAK-Istimewa-IST, Dokomen

RASELNEWS.COM - Persiapan untuk tahun ajaran baru adalah hal yang harus diperhatikan, termasuk kegiatan MPLS atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah.

Di lingkungan Dinas Pendidikan atau Kementerian Pendidikan, hal ini dikenal MPLS. Sementara pada sekolah di lingkungan Kementerian Agama, istilah yang digunakan adalah MATSAMA atau Masa Ta'aruf Siswa Madrasah.

Apa Itu MATSAMA?

BACA JUGA:Alhamdulillah, 16 Sekolah di Kabupaten Bengkulu Selatan Direhab, Berikut Daftarnya
MATSAMA adalah masa orientasi yang diselenggarakan pada awal tahun pelajaran di Madrasah.

Sesuai dengan pedoman MATSAMA 2024/2025, MATSAMA bertujuan untuk mengenalkan program, sarana, dan prasarana Madrasah serta cara belajar yang efektif bagi siswa tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA), dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK).

MATSAMA juga berfungsi sebagai media untuk penanaman konsep pengenalan diri serta pembinaan awal budaya khas Madrasah agar siswa menjadi pelajar yang berakhlakul karimah dan berkepribadian Indonesia.

Tujuan MATSAMA diantaranya memperkenalkan siswa baru akan lingkungan Madrasah, termasuk kebiasaan dan budaya yang ada di dalamnya.

Selain mempelajari tata tertib, sistem pembelajaran, serta mengenal guru dan tenaga kependidikan yang akan membimbing mereka selama masa studi.

BACA JUGA:7 Sekolah Kedinasan Sepi Peminat Tahun Ini, Lebih dari 70 Persen Pendaftar Diterima

Siswa baru juga diperkenalkan dengan keunikan dan keunggulan Madrasah sehingga siswa dapat lebih mengenal diri dan bersosialisasi, serta memiliki kesiapan mental yang baik untuk menyesuaikan diri dalam proses pembelajaran.

Kegatan ini juga untuk menumbuhkan rasa bangga terhadap Madrasah, memahami nilai-nilai yang dianut, serta mencintai dan menjaga nama baik almamater.

Mengenal nilai-nilai moderasi beragama yang bertujuan untuk menumbuhkan budaya dan jiwa inklusif, ramah, anti kekerasan, anti bullying, anti pelecehan seksual, serta menghargai harkat dan martabat kemanusiaan.

Diajarkan pola hidup bersih, sehat, dan halal di lingkungan Madrasah, menumbuhkan sikap disiplin dan tanggung jawab, serta membangun mental mandiri dan berprestasi.

BACA JUGA:Mau Daftar Sekolah? Ini NIK dan KK yang bisa Gunakan Sebagai Syarat PPDB 2024

Materi Kegiatan MATSAMA 2024/2025 diselenggarakan selama 3 hari pada minggu pertama awal tahun pelajaran.

Materi yang disampaikan mencakup aspek-aspek kemadrasahan, moderasi beragama, nilai-nilai Madrasah, serta budaya dan kebiasaan kehidupan di Madrasah.

Sumber: