Ejakulasi Dini Banyak Dialami Pria, Begini Cara Mencegahnya, Nomor 4 Yakin Anda Bisa?

Ejakulasi Dini Banyak Dialami Pria, Begini Cara Mencegahnya, Nomor 4 Yakin Anda Bisa?

Ejakulasi Dini Banyak Dialami Pria, Begini Cara Mencegahnya, Nomor 4 Yakin Bisa?--freepik.com

RASELNEWS.COM - Hampir semua pria pasti pernah mengalami ejakulasi dini. ejakulasi dini adalah kondisi ketika seorang pria mengalami ejakulasi lebih cepat dari yang diinginkan, baik sebelum atau segera setelah penetrasi seksual.

Kondisi ini bisa mengurangi kepuasan seksual bagi kedua pasangan. Masalah ini bisa dialami oleh siapa saja, tanpa memandang usia atau latar belakang, dan cukup umum terjadi.

Sekitar 39% pria di masyarakat umum mengalami ejakulasi dini. Jika hubungan seksual hampir selalu berakhir dengan ejakulasi dini, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

BACA JUGA:Meningkatkan Gairah Seksual! Ini 10 Manfaat Tape Singkong dan Risiko Jika Dikonsumsi Berlebihan

BACA JUGA:Pelecehan Seksual Sopir Angkot ke Penumpang Terekam dan Viral di Medsos, Nitizen: Nggak Dapat Jatah 4 Bulan

Healthy Squad, durasi berhubungan intim sebenarnya bervariasi tergantung pasangan, tetapi rata-rata durasinya adalah sekitar 5 setengah menit hingga ejakulasi tercapai.

Ejakulasi dini biasanya tidak menunjukkan gejala selain keluarnya sperma yang terlalu cepat. Pria yang mengalaminya sering mencari bantuan karena keluhan pribadi atau dari pasangan terkait masalah dalam hubungan intim atau disfungsi seksual.

Ada dua jenis ejakulasi dini, yaitu:

1. Ejakulasi Dini Primer

Kondisi ini terjadi ketika seorang pria selalu mengalami ejakulasi dini setiap kali berhubungan intim.

2. Ejakulasi Dini Sekunder

BACA JUGA:Kata Pakar, Ini 5 Alasan Suami Selingkuh dari Istri yang Terlihat 'Sempurna'

BACA JUGA:6 Ekspresi Wajah Istri yang Sedang Berselingkuh, Suami Wajib Tahu

Kondisi ini terjadi ketika seorang pria yang sebelumnya tidak memiliki masalah ejakulasi, tiba-tiba mengalami ejakulasi dini.

Faktor psikologis seperti kecemasan, rasa bersalah, trauma, depresi, atau ekspektasi pasangan dalam berhubungan seksual sering menjadi penyebab ejakulasi dini.

Ejakulasi terlalu cepat kadang hanya terjadi dalam situasi tertentu, seperti hubungan seksual pertama, rangsangan yang terlalu kuat, atau adanya masalah dalam hubungan dengan pasangan.

Faktor-faktor ini bisa mempengaruhi pria yang sebenarnya tidak mengalami masalah ejakulasi atau hanya memiliki ejakulasi dini sekunder menjadi ejakulasi dini primer.

BACA JUGA:Apakah Pasangan Anda Berselingkuh? Coba Ajukan 5 Pertanyaan Jebakan Ini

BACA JUGA:Istri Anda Selingkuh? Begini Cara Mengetahuinya, 100 Persen Akurat

Selain faktor psikologis, ada juga faktor fisik yang dapat mempengaruhi ejakulasi dini. Beberapa di antaranya adalah prostatitis kronis, gangguan tiroid, diabetes, hipertensi.

Selain itu konsumsi alkohol, merokok, penggunaan obat-obatan terlarang, disfungsi ereksi, dan sensitivitas penis yang berlebihan atau gangguan pada sistem ejakulasi.

Ejakulasi dini memang bukan kondisi yang berbahaya dan bisa ditangani sendiri atau dengan bantuan dokter.
Namun, kondisi ini bisa menyebabkan frustrasi dan stres. Agar tidak terjadi, berikut cara mencegah ejakulasi dini yang bisa kamu lakukan setiap hari:

1. Jaga Pola Makan

Konsumsi makanan yang kaya akan magnesium dan zinc. Kedua nutrisi ini dapat membantu memperlambat waktu yang dibutuhkan untuk mencapai klimaks.

BACA JUGA:Ciri-ciri Fisik Wanita yang Suka Selingkuh, Cara Bicara Memang Sudah Beda

BACA JUGA:Bukan Ekonomi Apalagi Selingkuh, Ini 4 Alasan Pasangan Suami Istri Bercerai Setelah Bertahun-tahun Menikah

Beberapa contoh makanan yang mengandung magnesium dan zinc adalah tiram, biji labu, kedelai, yogurt, bayam, dan sereal gandum.

Konsumsi dua telur per hari juga bisa membantu mencegah ejakulasi dini, karena protein dalam telur dapat meningkatkan dorongan seksual pada pria.

2. Berolahraga Rutin

Latihan fisik yang teratur bisa meningkatkan performa seksual dan menjaga ereksi. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa pria yang rajin berolahraga cenderung jarang mengalami ejakulasi dini.

Mulailah dengan berolahraga selama 30 hingga 45 menit setiap hari. Beberapa olahraga yang bisa membantu mengatasi ejakulasi dini antara lain jogging, jalan kaki, bersepeda, dan latihan otot perut.

BACA JUGA:Kasus Selingkuh! Indonesia Tempati Posisi Negara Kedua di Asia, Terbanyak Wanita

BACA JUGA:Unik, Ditangkap Karena Selingkuh, Dua Ibu Muda di Kaur Ditahan Karena Sabu Sabu

3. Latihan Senam Kegel

Tidak hanya untuk wanita, senam kegel juga bisa membantu pria mengatasi ejakulasi dini. Senam ini melatih otot-otot panggul yang berperan penting dalam fungsi seksual.

Latihan senam kegel bisa dilakukan di mana saja. Caranya adalah dengan mengencangkan otot panggul bawah selama 3 detik, lalu merelaksasikannya selama 3 detik. Lakukan ini secara rutin dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

4. Masturbasi Sebelum Berhubungan Seksual

Teknik ini bisa membantu pria mengukur kemampuannya dalam menahan ejakulasi. Cobalah teknik start-stop, yaitu menahan ejakulasi saat mendekati orgasme dengan menghentikan stimulasi pada penis hingga ereksi mereda, lalu melanjutkan kembali.

BACA JUGA:Bukan Hanya Selingkuh, Ini Penyebab Perceraian di Rumah Tangga

BACA JUGA:5 Zodiak Rawan Selingkuh, Cepat Bosan dalam Hubungan Jadi Penyebabnya

5. Terapi Psikologis

Jika faktor psikologis menjadi penyebab ejakulasi dini, bantuan ahli seperti psikolog atau psikiater bisa sangat bermanfaat.

Salah satu metode yang sering digunakan adalah terapi perilaku kognitif (CBT) yang berfokus pada mengubah pola pikir agar bisa mengendalikan perilaku yang berkaitan dengan ejakulasi dini.

Terapi ini membantu mengidentifikasi penyebab utama dari masalah ejakulasi dini yang kamu alami dan mengajarkan teknik-teknik seperti pernapasan dalam untuk mengatasi kecemasan.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah ejakulasi dini.

BACA JUGA:Ramalan Shio Hari Ini, Tak Cukup Dengan Satu Pasangan, Ini Tiga Shio Berpotensi Selingkuh

Sumber: