Menurut dr Emasuperr Kebiasaan Minum Kopi Harus Dihentikan, Bahaya Bagi Kesehatan

Sabtu 11-05-2024,09:59 WIB
Reporter : Andri Irawan
Editor : Andri Irawan

RASELNEWS.COM - Kopi! Siapa yang tak kenal minuman satu ini. Minuman ini kerap menemani kaum pria dan wanita saat pagi, siang, dan malam hari.

Kopi sudah menjadi menu wajib bagi sebagian penikmatnya. Bahkan secara ilmiah kopi punya banyak sekali manfaat pada tubuh.  

Hanya saja, menurut dr Ema Surya Pertiwi dalam kanal youtube dr Emasuperr, kebiasaan minum kopi yang tidak disadari  berikut ini malah bisa meracuni tubuh.

BACA JUGA:Petani Kopi Harus Tahu, Ini Cara Merawat Kopi Sistem Tanam Pagar, Perawatan lebih Mudah, Hasil Melimpah

Kebiasaan-kebiasaan apa saja itu?

1. Minum kopi tepat setelah bangun tidur. Ini dapat mengganggu produksi hormon kortisol yang penting untuk kewaspadaan dan metabolisme tubuh. Lebih baik minum kopi saat kortisol mulai turun, sekitar pukul 09.00 pagi atau pukul 14.00 siang.

2. Minum kopi saat mengantuk di malam hari. Kafein dalam kopi mengganggu sinyal tidur pada otak, sehingga bisa menyebabkan gangguan tidur yang lebih parah.

BACA JUGA:7 Rekomendasi Mesin Espresso Harga Murah, Cocok untuk Membuka Usaha Minum Kopi Rumahan

3. Menambahkan gula pada kopi. Konsumsi gula berlebihan meningkatkan risiko obesitas dan penyakit lainnya.

4. Minum kopi tanpa filter. Kopi yang tidak disaring dapat mengandung zat-zat yang meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

5. Minum kopi dari cangkir plastik atau kertas. Mikroplastik dari cangkir dapat terlarut ke dalam kopi, menyebabkan risiko kesehatan.

6. Minum kopi saat makan besar. Kopi dapat menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh, yang penting untuk produksi hemoglobin.

BACA JUGA:Tega! Wanita Berhijab Ini Tipu Nenek Penjaga Foto Kopi, Aksinya Dikecam Netizen

7. Minum kopi lebih banyak saat stres. Kafein hanya memberikan efek sementara dan dapat meningkatkan tingkat stres.

8. Minum kopi dengan pestisida. Pilih kopi organik untuk menghindari residu pestisida yang berbahaya.

9. Minum kopi tanpa cukup air. Kopi adalah diuretik alami, sehingga dapat menyebabkan dehidrasi jika tidak diimbangi dengan minum air yang cukup.

BACA JUGA:Hasil Studi, Minum Kopi Panas Meningkatkan Risiko Kanker

Dikatakan dr Emasuperr tips untuk konsumsi kopi yang lebih sehat termasuk minum kopi saat kortisol turun, menghindari tambahan gula, menggunakan filter saat menyeduh kopi, dan memilih kopi organik.

Jangan lupa untuk minum air yang cukup dan mengimbangi konsumsi kopi dengan pola makan yang sehat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kesehatan kita semua. (and)

Kategori :