16 Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan dan Kecantikan! Awas Jangan Salah Mengolah, Bisa Keracunan

Minggu 08-09-2024,15:42 WIB
Reporter : Andri Irawan 01
Editor : Andri Irawan 01

Serat larut dalam kacang merah difermentasi di usus besar menghasilkan asam butirat dan propionat yang menghambat sintesis kolesterol hepatik.


Cara mengolah kacang tanah dengan benar--raselnews.com

4. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Kacang merah terbukti secara klinis dapat mengurangi konsentrasi protein C-reaktif (CRP) dalam tubuh, yang menjadi tanda adanya peradangan dan risiko penyakit jantung.

Kacang merah juga mengandung vitamin B9 atau asam folat yang membantu menurunkan kadar homosistein dalam darah.

5. Membantu Memerangi Diabetes

Kacang merah yang kaya serat dan memiliki indeks glikemik rendah membantu mengontrol kadar gula darah, terutama pada penderita diabetes tipe 2. Konsumsi kacang merah juga dapat memperlambat laju pencernaan dan penyerapan gula dalam tubuh.


tip mengolah kacang tanah--raselnews.com

6. Tinggi Protein

Kacang merah tinggi protein sehingga bisa menjadi pengganti daging atau produk susu. Protein dalam kacang merah juga berperan dalam menjaga keseimbangan asam-basa dalam tubuh.

7. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Serat tidak larut dalam kacang merah membantu mengatur pergerakan usus dan meningkatkan pengeluaran feses, serta menjaga keseimbangan bakteri baik di usus besar, mencegah terjadinya kanker usus besar.


Manfaat kacang tanah untuk kesehatan--raselnews.com

8. Penambah Energi

Kacang merah kaya akan zat besi dan mangan yang dapat membantu memulihkan energi yang terkuras, sehingga cocok sebagai bekal makanan dalam perjalanan panjang.

9. Menjaga Kesehatan Kulit

BACA JUGA:Selain Baik untuk Kesehatan, Tidur Pakai Kaos Kaki Juga Bermanfaat Bagi Pasangan Suami Istri

BACA JUGA:Benarkah Manfaat Buah Salak Bisa Menurunkan Kolesterol? Ini 7 Faktanya

Kacang merah berperan dalam metabolisme asam amino, glukoneogenesis, dan sintesis neurotransmitter, yang semuanya penting untuk kesehatan kulit. Kacang merah juga kaya antioksidan dan flavonoid yang melindungi kulit dari kerusakan dan penuaan dini.

10. Obat Jerawat Alami

Kacang merah mengandung mineral zinc yang membantu mengendalikan fungsi kelenjar keringat, serta asam folat yang membantu pembentukan sel kulit baru dan membersihkan pori-pori wajah dari kotoran.


Cara memasak kacang tanah dengan baik dan benar--raselnews.com

11. Menjaga Kesehatan Kuku

Kacang merah adalah sumber biotin, yang penting untuk kesehatan kuku. Kekurangan biotin bisa menyebabkan kuku kering, pertumbuhan terhambat, dan perubahan warna kuku.

Kategori :