Oalah…Minyak Goreng Murah Ternyata “Disembunyikan” Alfamart dan Indomaret

Oalah…Minyak Goreng Murah Ternyata “Disembunyikan” Alfamart dan Indomaret

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Sejak dijual pada Rabu (19/1/2022) lalu, minyak goreng murah subsidi pemerintah seharga Rp 14 ribu per liter/kg ternyata sulit didapatkan warga Kabupaten Bengkulu Selatan (BS). Rabu (26/1/2022) Dinas Perindagkop-UM BS kembali turun ke lapangan untuk memastikan penyebab minyak goreng subsidi langka.

Temuan di lapangan, salah satu penyebab minyak goreng subsidi sulit didapat karena “disembunyikan” oleh Alfamart dan Indomaret selaku gerai yang menjual minyak goreng subsidi.

“Temuan kami saat memantau Indomaret dan Alfamrat di wilayah Pino Raya, Kota Manna, Pino, dan Seginim hari ini (kemarin), stok minyak goreng subsidi tersedia.Tapi beberapa ada yang tidak dipajang di display (tempat pemajangan), stok masih disimpan di dalam gudang penyimpanan. Hal itulah yang seakan-akan membuat barang ini langka, padahal stoknya banyak,” beber Kepala Dinas Perindagkop-UM BS, Herman Sunarya, MH.

Karyawan Indomaret dan Alfamart beralasan minyak goreng subsidi tidak dipajang lantaran belum sempat menata barang akibat kekurangan tenaga. Ada juga yang beralasan jika minyak goreng murah dipajang karena khawatir para pembeli menyerbu atau berbondong-bondong datang. Mereka hanya mengeluarkan stok minyak goreng murah saat ada pembeli yang menanyakan saja.

“Pihak Alfamart dan Indomaret memang memberi alasan terkait minyak goreng subsidi tidak dipajang. Tapi itu tidak bisa kami terima karena dikhawatirkan memberi kekhawatiran di masyarakat bahwa minyak goreng langka, padahal stoknya banyak. Makanya saat pemantuan tadi, saya tegaskan kepada pihak Alfamart dan Indomaret wajib memajang minyak goreng subsidi itu selama stok masih ada, tidak boleh disimpan di gudang,” tegas Herman.

Sejauh ini, minyak goreng subsidi pemerintah baru dipasok di Alfamart dan Indomaret dan juga beberapa gerai modern seperti Cafamart. Sedangkan di warung-warung dan di pasar, stoknya belum masuk. Ditargetkan pekan depan minyak goreng murah akan masuk ke pasar.

“Minyak goreng subsidi pemerintah ini baru ada di beberapa ritel modern saja. Itu mungkin karena agennya baru mengirim barang ke situ. Tapi mulai pekan depan, minyak goreng murah ini akan dijual di pasar dan juga di warung-warung. Dengan begitu masyarakat akan semakin mudah memperoleh minyak goreng yang dijual murah,” tutup Herman. (yoh)

Sumber: