Ratusan Rumah Terendam Banjir

Ratusan Rumah Terendam Banjir

salah satu rumah terendam banjir-Rezan Okto Wesa-Rezan Okto Wesa

RASELNEWS.COM, BENGKULU - Ratusan rumah di sejumlah wilayah di Provinsi Bengkulu terendam banjir setelah hujan lebat turun sejak Rabu (29/6) pagi. Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu, sejumlah wilayah yang terendam banjir di Kota Bengkulu dan Seluma. Hujan lebat juga menyebabkan pohon tumbang di Kepahiang.

Di Kota Bengkulu setidaknya ada 5 kecamatan dan 15 kelurahan yang terendam. Yakni di Kecamatan Muara Bangkahulu, Selebar, Tanjung Agung, Sungai Serut dan Ratu Agung. Ketinggian air mencapai 30 centimeter hingga 2 meter.

BACA JUGA:Ini Desa di Seluma yang Terendam Banjir

Sedangkan di Seluma, banjir merendam wilayah bantaran sungai dan jalan lintas Sukaraja. Selain itu badan jalan di kawasan Semidang Alas Maras (SAM) juga ambrol dan sempat menimbulkan kemacetan kendaraan.

Kabid Tanggap Bencana BPBD Provinsi Bengkulu Kristian Hermansyah mengatakan bencana banjir yang terjadi membuat 886 kepala keluarga (KK) terdampak dan 886 rumah terendam banjir. "BPBD Kota Bengkulu dan kabupaten telah membantu mengevakuasi warga yang terdampak," kata kristian, Kamis (30/6).

Di Kepahiang, hujan lebat yang disertai angin kencang menyebabkan pohon tumbang di dua titik. Yakni Lintas Pagar Alam, Desa Tebat Air, Kecamatan Tebat Karai dan di jalan Lintas Kepahiang Bengkulu Desa Tebat Monok.

Kristian mengatakan BPBD terus menunggu laporan dari kabupaten lainnya terkait bencana alam yang terjadi. "Kami mengimbau masyarakat tetap waspada dan memantau kondisi cuaca," ujar Kristian.

BACA JUGA:Bupati: SK Guru PPPK Sudah Bisa Diambil

Sementara itu, salah seorang warga Kelurahan Tanung Agung, Heru mengatakan air mulai masuk ke dalam rumah sejak Rabu malam. Hujan deras yang turun membuat air sungai meluap. "Kami tetap bertahan di dalam rumah, belum mengungsi," kata Heru.

Pihaknya berharap Pemkot Bengkulu dapat mendirikan posko dan dapur umum jika hujan terus berlangsung. Apalagi masih banyak warga yang bertahan di dalam rumah, karena khawatir untuk meninggalkan barang-barang berharga di rumah mereka.

Sementara itu, BMKG Bengkulu memprediksi hujan dengan intensitas lebat maupun ringan masih akan terjadi hingga Jumat, 1 Juli 2022. Hujan lebat disertai angin kencang juga masih berpotensi akan terjadi di seluruh wilayah Bengkulu. (cia)

Sumber: