Antisipasi Serpihan Bangunan View Tower Jatuh, Pemprov Bengkulu Pasang Jaring

Antisipasi Serpihan Bangunan View Tower Jatuh, Pemprov Bengkulu Pasang Jaring

RASELNEWS.COM, BENGKULU - Pemprov Bengkulu akan memasang jaring pengaman di sekitar kawasan View Tower. Pemasangan dilakukan guna mengantisipasi jatuhnya serpihan bangunan menara pemantau tsunami tersebut saat pelaksanan Festival Tabut 2022 yang dipusatkan di Lapangan Merdeka.

Sekretaris Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Almidianto mengatakan pemasangan jaring pengaman melibatkan federasi pemanjat tebing Bengkulu. "Kami berkomunikasi dengan mereka, nantinya yang akan memasang jaring ini. Kalau orang awam, kan agak susah karena tinggi sekali," kata Almidianto, Rabu (20/7).

Pemasangan jaring pengaman dilakukan agar serpihan dari bangunan view tower tidak sampai mengenai warga yang berada di bawahnya. Agar jaring tidak menganggu pemandangan, Almidianto menyebut akan memasang baliho-baliho untuk mempermanis tampilan bangunan.

BACA JUGA:Hari Ini Jemaah Haji Bengkulu Tiba, Keluarga Dilarang Jemput di Bandara

Selain itu, papan peringatanan juga dipasang di sekitar bangunan agar warga tidak terlalu mendekat ke bangunan. "Kami berharap masyarakat juga tidak memaksa mendekat bangunan view tower," tegas Almidianto.

Tahun ini, pelaksanan tabut dilakukan tanpa kegiatan bazar dan pasar rakyat. Pihaknya beralasan waktunya yang sangat singkat tidak memungkinkan pelaksanaan dua agenda tersebut.

Apalagi pelaksanaan Tabut diserahkan kepada pihak ketiga. Pelaksanaan Tabut tahun ini hanya sekedar festival saja.

BACA JUGA:Bengkulu Selatan Kekurangan 300 Guru ASN

"Jadi hanya festival di panggung saja. Waktunya singkat, tidak mungkin dilakukan lelang dengan waktu yang singkat itu," kata Almidianto.

Rencananya, Festival Tabut akan digelar pada 29 Juli hingga 9 Agustus 2022. Tahun ini untuk pertama kalinya Tabut kembali digelar secara terbuka pasca pandemi Covid-19 melanda. (cia)

 

Sumber: