Go Internasional, Gelaran Festival Tabut 2023 Harus Dipersiapkan Sejak Dini

Go Internasional, Gelaran Festival Tabut 2023 Harus Dipersiapkan Sejak Dini

TABUT : Arak-arakan Tabut Tebuang ramai disaksikan masyarakat-Lisa Rozari-raselnews.com

RASELNEWS.COM, BENGKULU - Festival Tabut 2022 telah usai. Pelaksanaan Tabut Bengkulu yang masuk dalam agenda Karisma Event Nusantara (KEN) 2022 diakhiri dengan pelepasan Prosesi Tabut Tebuang, Senin (8/8).

Arak-arakan Tabut Tebuang dilepas Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah bersama Unsur Forkominda serta Kerukunan Keluarga Tabut di Gedung Balai Semarak. Setelah gelaran Tabut 2022, Bengkulu mulai bersiap menyambut Tabut sebagai gelaran Internasional pada 2023.

Gubernur mengatakan ditetapkannya Festival Tabut sebagai even internasional merupakan hasil kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf). Penetapan dinilai dari berbagai parameter. Seperti secara kelembagaan serta efek multiplayernya kepada masyarakat, ditambah kandungan nilai budayanya yang cukup tinggi.

"Tentunya hal ini sangat baik dan kita akan melakukan sejumlah persiapan," kata Rohidin. Persiapan yang dimaksud dengan menyatukan semua kekuatan, sshingga tidak ada lagi perbedaan persepsi.

BACA JUGA:Motor Dinas Pemda Bengkulu Selatan Digondol Maling

Persiapan lainnya, sambung Rohidin, terkait lokasi digelarnya pelaksanaan Tabut dan bazar. "Lokasinya harus benar-benar dipastikan," tegas Rohidin.

Selanjutnya adalah titik-titik lokasi penampilan oleh KKT yang harus benar-benar tertata. Penampilan Tim KKT yang melakukan sejumlah ritual dilakukan di sela-sela pawai Tabut Tebuang, sehingga masyarakat tidak bisa menyaksikan secara penuh akibat ramainya warga yang datang.

Dalam kesempatan ini, Rohidin mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memasilitasi Festival Tabut 2022. Walaupun dengan kondisi terbatas, pelaksanaan Tabut berjalan lancar. "Kita harapkan tahun 2023 menjadi lebih baik lagi," sambung Gubernur.

Ditambahkan Ketua KKT Bengkulu, Syiafril, pihaknya siap mendukung galeran Tabut yang akan menjadi even internasional. Bahkan pihaknya meminta persiapan itu bisa dilakukan sejak dini. "usai pelaksanaan Tabut ini, kami berharap persiapan (Festival Tabut 2023) sudah mulai dilakukan," singkatnya.

Sementara itu, arak-arakan Tabut Tebuang dilakukan mulai dari Gedung Balai Ssmarak Bengkulu hingga titik terakhir di Karabela. Arak-arakan disemarakkan rombongan Gubernur dan sejumlah Kepala OPD yang mengiringi hingga kawasan kantor Bank Bengkulu di jalan S. Parman. (cia)

Sumber: gubernur bengkulu