Anggaran Pemeliharaan Jalan Baru Disetujui Rp1 Miliar, Usulan Rp5 Miliar

Anggaran Pemeliharaan Jalan Baru Disetujui Rp1 Miliar, Usulan Rp5 Miliar

Ilustrasi perbaikan jalan di Bengkulu Selatan-dok-raselnews.com

RASELNEWS.COM, BENGKULU - Pemprov Bengkulu mengusulkan anggaran Rp5 miliar pada APBD Perubahan (APBDP) 2022 untuk pemeliharaan jalan di 10 kabupaten/kota. Usulan ini turun dari rencana sebelumnya yakni Rp10 miliar. Namun dari usulan Rp5 miliar itu, yang disetujui baru Rp1 miliar.

Plt Kepala Dinas PUPR Provinsi Bengkulu, Tejo Suroso, mengatakan usulan itu menyesuaikan dengan anggaran yang ada. "Memang untuk pemeliharaan jalan yang dibutuhkan saat ini sekitar Rp5 miliar, namun yang sudah disetujui sebesar Rp1 Miliar," kata Tejo. 

Dia mengatakan, anggaran itu diakuinya tidak mencukupi untuk memperbaiki kerusakan jalan ini. Di mana, dari panjang jalan provinsi 1.650 kilometer, 47 persennya mengalami kerusakan, baik berat, sedang maupun ringan. Namun perbaikan terkendala adanya keterbatasan anggaran.

BACA JUGA:Masyarakat Padang Capo Tersenyum Lega, Jalan Diperbaiki

"Makanya kita dorong agar dewan bisa menyetujui anggaranya lebih besar untuk jalan krusial dan butuh penanganan cepat," katanya. 

Dikatakan Tejo, anggaran pemeliharaan jalan selama dua pandemi Covid-19 ini menurun drastis. Sebelumnya anggaran infrastruktur, baik di Bina Marga maupun Cipta Karya bisa mencapai Rp600 miliar. Namun tahun ini, pekerjaan fisik hanya Rp100 miliar saja. 

Sedangkan untuk pemeliharaan jalan pada APBD murni dianggarkan Rp500 juta. "Dalam setahun selama pandemi itu perbaikan jalan hanya paling banyak 10 kilo. Jadi wajar saja kalau banyak jalan yang nasih rusak. Namun terus kita dorong agar perbaikan bisa dilakukan walaupun bertahap," pungkasnya. (cia)

 

Sumber: