Korban Meninggal Tragedi Kanjuruhan Bertambah Jadi 131 Jiwa

Korban Meninggal Tragedi Kanjuruhan Bertambah Jadi 131 Jiwa

Ilustrasi tragedi Kanjuruhan--disway.id

JAKARTA, RASELNEWS.COM - Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan melaporkan, total korban meninggal dunia pada tragedi Stadion Kanjuruhan mencapai 131 jiwa.

Data sebelumnya, jumlah korban meninggal dunia sebanyak 125 orang.

Tragedi yang menewaskan banyak orang pasca pertandingan Arema versus Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, pada Sabtu 1 Oktober 2022.

Kerusuhan awalnya dipicu oleh kekalahan Arema FC atas Persebaya dalam laga pekan ke-11 Liga 1 2022-2023.

Merasa tidak puas dengan hasil pertandingan, para suporter turun ke lapangan. Kemudian, suporter yang ke lapangan ini dipukul mundur oleh aparat keamanan.

BACA JUGA:Tragedi Kanjuruhan, Ini Sanksi Arema FC

Polisi sempat menembakkan gas air mata dengan tujuan melerai massa. Tembakan gas air mata ini bukan hanya dilayangkan di lapangan, namun juga ke tribun penonton yang saat itu masih penuh sesak.

Tembakan gas air mata membuat suporter panik dan berusaha mencari pintu keluar. Saat kondisi itu, banyak suporter yang terinjak-injak bahkan sesak napas karena paparan gas air mata. Apalagi, banyak pintu keluar stadion yang terkunci.

Adapun angka 131 orang ini bersumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Malang dan telah dikonfirmasi kepada Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto.

BACA JUGA:Turut Berduka, Rohidin Berharap Tragedi Kanjuruhan Tak Terulang

Data tersebut berasal dari beberapa rumah sakit (RS) yang merawat korban, diantaranya RS Wafa Husada, RSB Hasta Brata Batu, RSUD Kanjuruhan, RSUD Saiful Anwar, RS Teja Husada Kepanjen, RS Ben Mari Pakisaji, RS Hasta Husada, RSI Gondang Legi, RS Salsabila, RST Soepraon, serta informasi dari keluarga korban.

“Yang sakit kita layani sebaik mungkin dan secepat mungkin dan gratis, yang meninggal keluarganya beri santunan dari pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten-kota,” kata Muhadjir dalam keteranganya, Rabu 5 Oktober 2022.

BACA JUGA:Tragedi Kanjuruhan Malang: Ini Pernyataan Resmi Presiden FIFA Gianni Infantino

Dari total korban, jika dirinci, terdapat 90 laki-laki dan 41 perempuan. Kebanyakan korban adalah remaja dan anak muda berusia 12-24 tahun. Satu korban lainnya masih balita berusia 4 tahun.

Hal itu dilakukan, sebagai tugas dan fungsi Kemenko PMK untuk melakukan penanganan korban, terutama melakukan update data.

Menurut Muhadjir pihaknya masih berfokus pada penanganan darurat insiden dan korban, baik yang luka maupun tewas.  

“Saat ini kita fokus dulu ke mereka yang menjadi korban, karena ini masih tanggap insiden, sisanya baru nanti kira rekonstruksi peristiwanya kemudian nanti kita tentukan sikap sambil menunggu keputusan presiden.” Jelas Muhadjir.

Sementara itu, untuk menghindari ledakan sosial, Menko PMK meminta Aremania agar dapat menahan diri.

BACA JUGA:YLBHI: Negara Harus Bertanggung Jawab dalam Tragedi Kanjuruhan

“Semua prihatin atas insiden di Stadion Kanjuruhan. Tapi saat ini saya minta Aremania untuk menahan diri. Mari kita ciptakan suasana yang kondusif. Jangan sampai ada lagi korban berjatuhan. Sudah cukup. Terlalu mahal nyawa hanya untuk sepakbola.“ Kata dia.

Diketahui, Menko PMK bersama Mensos Risma sebelumnya juga telah memberikan santunan kepada 125 ahli waris yang terdata oleh Kemensos per Senin, Oktober 2022 di Kota dan Kabupaten Malang yang mengalami tragedi tersebut.

Data ini masih bisa bertambah sesuai perkembangan di lapangan. Masing-masing ahli waris menerima santunan sebesar Rp 15 juta dan paket sembako. (**)

Sumber: disway.id